PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SUB TEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI KELAS IV SD NEGERI 100950 AEK TOLONG KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Isi Artikel Utama

Martua Harahap
Sartika Rati Asmara Nasution
Nurzanna Nurzanna
Sabri Sabri
Royhanun Siregar

Abstrak

 


This study aimed to describe achievement improvement in the cognitive domain of students Indonesian  of sub-theme 1” I and my dream” through applying recitation method  at fourth grade of SD Negeri 100950 Aek Tolong, North Padang Lawas Regency. This study uses CAR (Classroom Action Research) which includes two cycle and the subjects consist of 18 students. The data collection technique used observation and tests. The data was analyzed by using quantitative and qualitative analysis. The first cycle shows the average of students achievement is 64.38 (poor category), 10 students is completeness (55.56%) and 8 students is not completeness. Furthermore the second cycle shows the average students achievement is 84.38 (good category), 16 students is completeness (88.89%) and 2 students is not completeness.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harahap, Martua, Sartika Rati Asmara Nasution, Nurzanna Nurzanna, Sabri Sabri, dan Royhanun Siregar. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SUB TEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI KELAS IV SD NEGERI 100950 AEK TOLONG KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Maret 6, 2025): 741–747. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/217.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djajadi. 2019. Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: CV. Arti Bumi Intaran.

Djamarah Sayiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Syaiful Bahri dan Zain. 2006. Strategi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: Iscom Medan.

Moleong, Lexy. J., 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar Dan Iskandar, 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Jakarta: Gaung Persada Pers.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>