PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI KELAS IVSEKOLAH DASARNEGERI 100204 SIHOPUR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN 100204 Sihopur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas siswa. Diantaranya adalah guru tersebut belum mampu menerapkan pembelajaran yang baik agar siswa beraktivitas dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan penerapan strategi the power of two. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa kelas IV dalam melakukan diskusi kelompok pada pembelajaran PKn di SDN 100204 Sihopur melalui penerapan model kooperatif tipeThe Power of Two;Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada pembelajaran PKn SDN 100204 Sihopur dengan model kooperatif tipe The Power of Two; Bagaimanakah peningkatan siswa IV dalam menanggapi pertanyaan pada pembelajaran PKn di SDN 100204 Sihopur melalui penerapan model kooperatif tipeThe Power of TwoTujuan penelitian ini adalah;1)Meningkatan aktivitas siswa kelas IV dalam melakukan diskusi kelompok melalui penerapan model kooperatif tipe The Power of Two;2)Meningkatkan aktivitas siswa kelas IV dalam menjawab pertanyaan melalui penerapan model kooperatif tipe The Power of Two;3) Meningkatan aktivitas siswa kelas IV dalam menanggapi pertanyaan melalui penerapan model kooperatif tipe The Power of Two. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan persiklus.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IVSDN 100204 Sihopur yang berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, format observasikegiatan guru. Pelaksanaan pembelajaran PKndengan menggunakan model kooperatif tipe The Power of Two berlangsung dengan baik.Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKndengan menggunakan model kooperatif tipe The Power of Twodapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IVSDN 100204 Sihopur.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.