PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI KELAS IVSEKOLAH DASARNEGERI 100204 SIHOPUR

Isi Artikel Utama

Herlin Hasibuan
Khoiruddin Saleh Siregar
Mara Judan Rambey

Abstrak

 


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas  IV SDN 100204 Sihopur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas siswa. Diantaranya adalah guru tersebut belum mampu menerapkan pembelajaran yang baik agar siswa beraktivitas  dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan penerapan  strategi the power of two. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas  siswa kelas IV dalam melakukan diskusi kelompok pada pembelajaran PKn di SDN 100204 Sihopur melalui penerapan model kooperatif tipeThe Power of Two;Bagaimanakah peningkatan aktivitas  siswa dalam menjawab pertanyaan pada pembelajaran PKn  SDN 100204 Sihopur dengan model kooperatif tipe The Power of Two; Bagaimanakah peningkatan siswa IV dalam menanggapi pertanyaan pada pembelajaran PKn di SDN 100204 Sihopur melalui penerapan model kooperatif tipeThe Power of TwoTujuan penelitian ini adalah;1)Meningkatan aktivitas siswa  kelas IV  dalam melakukan diskusi kelompok melalui penerapan model kooperatif tipe The Power of Two;2)Meningkatkan aktivitas  siswa  kelas IV  dalam menjawab pertanyaan  melalui penerapan model kooperatif tipe The Power of Two;3) Meningkatan aktivitas siswa  kelas IV  dalam menanggapi pertanyaan melalui penerapan model kooperatif tipe The Power of Two. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan persiklus.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IVSDN 100204 Sihopur yang berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas  siswa, format observasikegiatan guru. Pelaksanaan pembelajaran PKndengan menggunakan model kooperatif tipe The Power of Two berlangsung dengan baik.Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKndengan menggunakan model kooperatif tipe The Power of Twodapat meningkatkan aktivitas  siswa kelas IVSDN 100204 Sihopur.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasibuan, Herlin, Khoiruddin Saleh Siregar, dan Mara Judan Rambey. “PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn MENGGUNAKAN STRATEGI THE POWER OF TWO DI KELAS IVSEKOLAH DASARNEGERI 100204 SIHOPUR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 45–50. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/72.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>