Penerapan Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Luring Yang Dilakukan Guru Kelas V SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan

Isi Artikel Utama

Indah Purnama Putri
Nurbaiti Nurbaiti
Hasian Romadon Tanjung
Muhammad Gunawan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran secara luring di Kelas V  SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan dan untuk mengetahui respon siswa kelas V dalam mengikuti proses pembelajaran IPS dalam menggunakan metode pembelajaran secara luring di SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan. Jenis penilitian ini adlah deskriptif kualitatif dengan melihat cara mengajar guru dan respon dari 14 orang siswa kelas V SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara,observasi, dokumentasi dan angket.  Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian Penerapan pembelajaran IPS yang dilakukan guru dengan menggunakan metode pembelajaran luring di kelas V SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan sudah cukup baik. Dilihat dari lembar observasi guru dari kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Media pembelajaran yang digunakan guru hanya buku sebagai media pembelajaran dan menggunakan benda-benda dan lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Guru selalu mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa.  Pada sistem pembelajaran luring saat ini, tentunya guru harus memiliki solusi yang di perlukan dan lebih kreatif  dalam memberikan materi  saat proses pembelajaran itu terjadi.Hasil penelitian respon siswa kelas V dalam mengikuti proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran luring di SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan kurang baik. Diperoleh dari hasil lembar wawancara dan angket siswa, rata-rata siswa kurang memahami materi IPS yang dijelaskan oleh guru dengan menggunakan metode luring pada saat ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purnama Putri, Indah, Nurbaiti Nurbaiti, Hasian Romadon Tanjung, dan Muhammad Gunawan. “Penerapan Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Luring Yang Dilakukan Guru Kelas V SD Negeri 200511 Labuan Rasoki Kota Padangsidimpuan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 30, 2021): 51–59. Diakses Mei 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/44.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>