KONSEP PERENCANAAN, REKRUTMEN, DAN PENGANGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SDIT AL ISLAH BUKITTINGGI

Isi Artikel Utama

Meri Yulia
Fitrah Q Qalbina Syahril
Hamdi Abdul Karim

Abstrak

Artikel ini mengkaji konsep perencanaan, rekrutmen, dan pengangkatan sumber daya manusia (SDM) di SD Islam Terpadu (SDIT) Al Islah Bukittinggi sebagai salah satu sekolah dasar Islam swasta yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan telah terakreditasi A. Fokus kajian diarahkan pada bagaimana lembaga merencanakan kebutuhan guru dan tenaga kependidikan, pola rekrutmen yang digunakan, serta mekanisme pengangkatan yang berlandaskan regulasi pendidikan nasional dan nilai-nilai Islam. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan tentang manajemen SDM pendidikan Islam dan penelusuran data sekunder terkait profil SD Islam Al Islah Bukittinggi. Hasil kajian menunjukkan bahwa perencanaan SDM idealnya dilakukan melalui analisis kebutuhan berbasis kompetensi, rekrutmen yang sistematis dan transparan, serta pengangkatan yang mempertimbangkan kualifikasi akademik, kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, serta integritas spiritual calon pendidik. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi konsep manajemen SDM modern dengan nilai-nilai keislaman dalam pengelolaan guru dan tenaga kependidikan di SDIT Al Islah Bukittinggi.​

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yulia, Meri, Fitrah Q Qalbina Syahril, dan Hamdi Abdul Karim. “KONSEP PERENCANAAN, REKRUTMEN, DAN PENGANGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SDIT AL ISLAH BUKITTINGGI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 23, 2025): 5091–5097. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4414.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdulloh, A. (2014). Manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia.

Ahmad, M. (2020). Manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 23(1), 45–60.

Anwar, S. (2021). Pengaruh rekrutmen dan seleksi guru terhadap kualitas pembelajaran di sekolah Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 101–118.

Aziz, A. (2020). Manajemen sumber daya manusia perspektif Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146.

Data BAN-S/M. (2009). Laporan akreditasi SD Islam Al Ishlah Bukittinggi. Jakarta: BAN-S/M.

Fahliyanti, H. A. (2019). Sistem rekrutmen seleksi dan penempatan guru di MTs Pembangunan (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fauzi, F. (2019). Nilai-nilai Islam dalam pengelolaan sumber daya manusia di lembaga pendidikan. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–15.

Halim, R. (2022). Penguatan mutu SDM di lembaga pendidikan Islam dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 55–70.

Hasanah, N. (2021). Rekrutmen guru pendidikan agama Islam di sekolah Islam terpadu. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 200–215.

Hidayat, R. (2020). Budaya kerja islami dalam pengelolaan tenaga pendidik. Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 89–104.

Imron, A. (2022). Integrasi nilai Islam dalam manajemen SDM pendidikan. Jurnal Studia Islamika, 9(1), 33–49.

Ismail, M. (2021). Manajemen SDM di sekolah dasar Islam: Tinjauan konseptual. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 20–35.

Kusnadi, D. (2020). Perencanaan kebutuhan guru di sekolah Islam. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 77–92.

Latif, M. (2019). Analisis kebutuhan guru dan pengaruhnya terhadap mutu pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10040–10052.

Mansur, M. (2018). Keteladanan guru dalam pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 145–162.

Marzuki, A. (2019). Pengangkatan dan pembinaan guru di lembaga pendidikan Islam. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 66–80.

Munir, S. (2021). Perencanaan dan pengembangan karier guru di sekolah Islam dasar. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 6(2), 120–135.

Nasution, R. (2023). Implementasi manajemen SDM di sekolah Islam: Studi kasus. Al-Qalam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 25–42.

Natsir, N. (2019). Peran guru sebagai pembimbing spiritual peserta didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 89–103.

Nugraha, D. (2022). Integrasi standar profesional dan karakter islami guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 15–30.

Profil SD Islam Al Ishlah. (2024). SD Islam Al Ishlah Bukittinggi (NPSN 10307942). Diakses dari laman Data Referensi Pendidikan Kemendikbudristek.

Rahman, Y. A. (2020). Manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan Islam. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–23.

Rohman, F. (2020). Tantangan pengangkatan guru di madrasah swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 75–90.

Salim, M. (2022). Integrasi nilai Islam dalam rekrutmen dan evaluasi kinerja guru. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 55–72.

Siregar, H. (2020). Kebijakan manajemen SDM di sekolah Islam dasar. Jurnal Kebijakan Pendidikan Islam, 5(1), 40–54.

Suryana, A. (2022). Lingkungan kerja religius dan kinerja guru. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 11(1), 90–108.

Syafe’i, M. (2021). Profil pendidik profesional dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(2), 130–144.