UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG DI KELAS III MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SD NEGERI 200413 TINJOMAN

Isi Artikel Utama

Rosmala Dewi
Zulfadli Zulfadli
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi “Perkembangan Teknologi Produksi Sandang” di kelas III dengan menggunakan model  Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT SD Negeri 200413 Tinjoman, dan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada materi “Perkembangan Teknologi Produksi Sandang” di kelas III dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT SD Negeri 200413 Tinjoman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 200413 Tinjoman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1)  Observasi, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Perkembangan Teknologi Produksi Sandang” di kelas III SD Negeri 200413 Tinjoman. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 57% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 787% siswa yang tuntas. Ha lini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.


Kata Kunci:  Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dewi, Rosmala, Zulfadli Zulfadli, dan Monica Theresia. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG DI KELAS III MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SD NEGERI 200413 TINJOMAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 83–94. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/535.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>