AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19SEKOLAH DASAR SWASTA TAFDHIL AL-QURAN PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2001/2022

Isi Artikel Utama

Nur Kholilah Lubis
Zulfadli Zulfadli
Monica Theresia
Afdhal Ilahi

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik Pada Masa Covid-19 pada SD Swasta Tafdhil Al-qur’an Padangsidimpuan. Penelitian ini  dilaksanakan di SD Swasta Tafdhil AL-quran Padangsidimpuan selama 4 bulan dimulai dari bulan September sampai Desember. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif jenis Deskriptif. Seluruh peserta didik yang berjumlah 47 peserta didik adalah populasi danTeknik pengambilan sampel yang digunakan total sampling dengan instrument angket. Data tersebut dianalisis menggunakan rumus mean, median dan modus. Gambaran Aktivitas Belajar peserta didik di Kelas I diperoleh nilai 82 “Sangat Baik”.  Kegiatan  membaca diperoleh nilai 64 termasuk kategori “Baik”. Kegiatan  Menulis diperoleh nilai 63 “Baik”. Kegiatan  berhitung diperoleh nilai 78 “Baik”. Kegiatan  praktik diperoleh nilai 75 “Baik”. Gambaran Aktivitas Belajar di Kelas II diperoleh nilai 87 “Sangat Baik”. Kegiatan  membaca diperoleh nilai 70 “Baik”.  Kegiatan  Menulis diperoleh nilai 63 termasuk kategori “Baik”. Kegiatan  berhitung diperoleh nilai 80 “Baik”. Kegiatan  praktik diperoleh nilai 72 “Baik. Gambaran Aktivitas Belajar di Kelas I dan II diperoleh nilai 71 “Baik”. Kegiatan  membaca diperoleh nilai 67 “Baik”. Kegiatan  Menulis diperoleh nilai 63 “Baik”. Kegiatan  berhitung diperoleh nilai 70 “Baik”. Kegiatan  praktik diperoleh 73 “Baik”. Artinya hipotesis diterima/disetujui. Dengan kata lain aktivitas belajar peserta didik yang baik  dalam proses pembelajaran membuat gambaran yang baik tentang aktivitas belajar peserta didik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubis, Nur Kholilah, Zulfadli Zulfadli, Monica Theresia, dan Afdhal Ilahi. “AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA COVID-19SEKOLAH DASAR SWASTA TAFDHIL AL-QURAN PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2001/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 103–109. Diakses November 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/553.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>