PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS V SD NEGERI 101040 AEK SIGAMA

Isi Artikel Utama

Mariani Harahap
Zulfadli Zulfadli
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam Pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama, dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Pembelajaran Matematika, sehingga minat dan hasil belajar siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika diterapkan Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama.


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan.


Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 73.45, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 79 dengan ketuntasan mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika materi Luas dan Keliling Bangun Datar di kelas V SD Negeri 101040 Aek Sigama.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harahap, Mariani, Zulfadli Zulfadli, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS V SD NEGERI 101040 AEK SIGAMA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 66–75. Diakses April 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/74.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>