PENGARUH DEMONSTRASI BENDA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT – SIFAT BANGUN DATAR KELAS V SDN NO. 101118 SAYURMATINGGI

Isi Artikel Utama

nurjannah nurjannah
Nurbaiti Nurbaiti
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk mengetahui gambaran demonstrasi benda konkrit terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN No. 101118 Sayur Matinggi, 2) Untuk mengetahui pengaruh demonstrasi benda konkrit terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN No. 101118 Sayur Matinggi. Metode penelitian adalah kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN No. 101118 Sayur Matinggi sebanyak 2 kelas yang berjumlah sebanyak 50 orang. Selanjutnya ditetapkan sampel sebanyak 25 orang kelas eksperimen dan 25 orang kelas kontrol. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket dan tes. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan dua tahap dimana tahap pertama dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kedua variabel penelitian.  Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh diantara kedua variabel maka digunakan rumus uji-t. Dari hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa adalah diperoleh thitung sebesar 2,515 bila dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 0,2 dengan derajat kebebasan dk = N-nr ( 25 -2 = 23), diperoleh sebesar 1,319 dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel yakni 2,515 > 1,319. Jadi, dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang baik metode demonstrasi benda konkrit terhadap hasil belajar siswa materi pokok bahasan sifat-sifat bangun datar di kelas V SDN No. 101118 Sayur Matinggi


 


Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Benda Konkrit, Hasil  Belajar Siswa.
 

Abstract


This study aims to find out the real picture of 1) To find out the description of the demonstration of concrete objects on the learning outcomes of mathematics, the subject of the properties of flat shapes for fifth grade students of SDN No. 101118 Sayur Matinggi, 2) To determine the effect of demonstration of concrete objects on learning outcomes of mathematics, the subject of the properties of flat shapes for fifth grade students of SDN No. 101118. 101118 Matinggi Vegetables. The research method is quantitative, the population of this study is all students of Class V SDN No. 101118 Sayur Matinggi as many as 2 classes totaling 50 people. Furthermore, a sample of 25 people in the experimental class and 25 people in the control class was assigned. The instruments used as a data collection tool are questionnaires and tests. Then the research data is processed in two stages where the first stage is descriptive analysis which aims to find out the description of the two research variables. Then to find out whether there is an influence between the two variables, the t-test formula is used. From the results of learning mathematics, the subject of the properties of students' flat shapes is obtained tcount of 2.515 when compared with ttable at a confidence level of 0.2 with degrees of freedom dk = N-nr (25 -2 = 23), obtained by 1.319 thus it can be seen that the value of t count > t table is 2,515 > 1.319. So, it can be concluded that there is a good effect of the method of demonstration of concrete objects on student learning outcomes of the subject matter of the properties of flat shapes in class V SDN No. 101118 Matinggi Vegetable


 

Keywords: Demonstration Method, Concrete Objects, Student Learning Outcomes

Rincian Artikel

Cara Mengutip
nurjannah, nurjannah, Nurbaiti Nurbaiti, dan Monica Theresia. “PENGARUH DEMONSTRASI BENDA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT – SIFAT BANGUN DATAR KELAS V SDN NO. 101118 SAYURMATINGGI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 319–327. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1330.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_________________. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan untuk Bidang Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanum. 2015. Panduan Penelitian Teknologi. Malang: PT. Gramedia.

Hadi, Sutrisno. 2013. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: PT Bumi. Aksara

Ningrum & Pramonojati. 2019. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Palangka Raya: Dua Satria Offset.

Purwanto, Agus, Erwan dan Sulistystuti, Ratih Dyah. 2017. Metode penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Medi

Sudjono, Anas. 2015. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

______, 2009. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Suryani dan Hendryadi, 2013. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

_______. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>