PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SDN.NO.100204 SIHOPUR KECAMATAN ANGKOLA SELATAN KABUPATEN

Isi Artikel Utama

Henti Ritonga
Muhammad Nau Ritonga
Reviva Safitri

Abstrak

Abstrak


                      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) di kelas IV SDN.No.100204.Sihopur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN.No.100204.Sihopur yang berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Penelitian ini metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri terdiri dari 2 pertemuan dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Penilaian yang digunakan dalam penelitian in adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses belajar dan mengajar berlangsung dan teknik tes (pretest dan posttest) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase dari hasil belajar kognitif siswa, sikap dan aktivitas peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar siklus I sebesar 72%  dan aktivitas belajar siklus II sebesar 86%. Sedangkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 44% dengan kategori “Rendah” dan hasil belajar kognitif siswa siklus II sebesar 88,8% “Tinggi”. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas IV SDN.No.100204.Sihopur.


 


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ritonga, Henti, Muhammad Nau Ritonga, dan Reviva Safitri. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SDN.NO.100204 SIHOPUR KECAMATAN ANGKOLA SELATAN KABUPATEN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 37–44. Diakses Mei 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/62.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama