PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SDN.NO.100204 SIHOPUR KECAMATAN ANGKOLA SELATAN KABUPATEN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) di kelas IV SDN.No.100204.Sihopur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN.No.100204.Sihopur yang berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Penelitian ini metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri terdiri dari 2 pertemuan dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Penilaian yang digunakan dalam penelitian in adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses belajar dan mengajar berlangsung dan teknik tes (pretest dan posttest) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase dari hasil belajar kognitif siswa, sikap dan aktivitas peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dengan nilai aktivitas belajar siklus I sebesar 72% dan aktivitas belajar siklus II sebesar 86%. Sedangkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 44% dengan kategori “Rendah” dan hasil belajar kognitif siswa siklus II sebesar 88,8% “Tinggi”. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas IV SDN.No.100204.Sihopur.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.