PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 153071 SIBABANGUN 1

Isi Artikel Utama

Sukriadi Hasibuan
Yusraini Tambunan
Reviva Safitri
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

This study aimed to describe improvement students’ achievement on the topic environmental change by using PBL (Problem Based Learning) at the fifth grade students of SD Negeri 153071 Sibabangun 1. The approach of the research used Class Action Research and the total subject were 23 students. Observation and test were used in collecting the data. The first cycle showed the mean of students’ achievement 54.17, 43.48% (10 students) got Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ achievement was fair category, Furthermore the second cycle showed the mean 81.25, 87% (20 students) got Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ achievement on the topic was good category. It was concluded PBL able to improve students’ achievement on the topic environmental change at the fifth grade students of SD Negeri 153071 Sibabangun 1.


 


  Keywords: Improving achievement, Problem Based Learning


 


 


ABSTRAK


  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada topik perubahan lingkungan dengan menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas V SD Negeri 153071 Sibabangun 1. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah subjek sebanyak 23 siswa. . Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Siklus I menunjukkan rata- rata dari hasil belajar  54,17, 43,48% (10 siswa) memperoleh KKM. Lembar observasi menunjukkan hasil belajar siswa dalam kategori cukup, Selanjutnya pada siklus II rata-rata dari hasil belajar 81,25, 87% (20 siswa) mendapatkan KKM. Lembar observasi menunjukkan hasil siswa pada topik tersebut dalam kategori baik. Disimpulkan PBL mampu meningkatkan hasil belajar pada topic perubahan lingkungan pada siswa kelas V SD Negeri 153071 Sibabangun 1.


 


   Kata Kunci: student achievement  , pembelajaran berbasis masalah


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasibuan, Sukriadi, Yusraini Tambunan, Reviva Safitri, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 153071 SIBABANGUN 1”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 17, 2022): 29–35. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/262.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>