UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 083 PIDOLI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 083 Pidoli, dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Pembelajaran IPA, sehingga minat dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA diterapkan Model Pembelajaran Team Game Torunament (TGT) pada siswa kelas IV SD Negeri 083 Pidoli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 083 Pidoli. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus telah dilaksanakan dengan menggunakan Model Team Game Tournament (TGT) menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus 1 nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 68,48%, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan mencapai 48%. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Materi Energi dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 083 Pidoli.
Kata Kunci: Model Team Game Tournament (TGT), Energi dan Perubahannya
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Rumanti, Dani Nur. 2015. Pengaruh Penerapan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas IV SD Gugus Hasanuddin Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Rusman.2011. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.
Sulistyorini Sri, 2007. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Unnes: Tiara Wacana
Susanto ,Ahmad, 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Suyanto. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.
Trianto. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.