PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TYPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA KELAS IV SD NEGERI 100116 SIGUMURU KECAMATAN ANGKOLA BARAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

Melani Rahayu
Riswandi Harahap
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Abstrak


Berdasarkan penelitian dilapangan yaitu di Sekolah Dasar Negeri 100116 Sigumuru. Hasil belajar siswa pada pelajaran IPA masih rendah. Dari hal tersebut peneliti mencari pemecahan masalah. Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar lebih menyenangkan dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar. Secara umum, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan kejelasan penerapan model Numbered Head Together pada materi “Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Teknologi” untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 100116 Sigumuru. Metodenya adalah metode Kooperatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik alat pengumpulan data yanag di gunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik diskusi kelompok. Dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Prosedur penelitian mencakup : perencanaan, pelaksanaan, obsservasi/pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 100116 Sigumuru pembelajaran pra siklus masih rendah. Hal ini bermula pada perubahan signifikan dengan perolehan nilai rata-rata telah mencapai KKM 75. Peningkatan motivasi berdampak pada peningkatan hasil belajar yaitu dari 24 siswa hanya 3 orang yang memperoleh nilai 75. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 100116 Sigumuru.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahayu, Melani, Riswandi Harahap, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TYPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA KELAS IV SD NEGERI 100116 SIGUMURU KECAMATAN ANGKOLA BARAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 2 (Mei 3, 2021): 18–23. Diakses Mei 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/64.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>