PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 157015 KEBUN PISANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Pembelajaran PKn merupakan suatu pelajaran yang bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia yang berlandaskan Pancasila, undang-undang, dan norma-norma. Namun, sesuai hasil observasi peneliti ditemukan bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada saat ulangan harian hanya 9 siswa (34,61%) yang mencapai KKM sedangkan sisanya 15 siswa (65,39%) belum memenuhi KKM. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif, lebih banyak menggunakan metode konvensional Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi keanekaragaman budaya Indonesia melalui metode bermain Peran Siswa Kelas IV SD Negeri 157015 Kebun Pisang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penagamatan, dan refleksi terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing 2 pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor 87,5% dan siklus II memperoleh rata-rata skor 90,83% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I, presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai presentase sebesar 61,53% dan pada siklus II berhasil mencapai presentase sebesar 100%. Terjadilah peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 38,47%. Simpulan hasil penelitian yakni Dengan penggunaan model ini dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif lain untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.