EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING LEARNING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 100050 PASARMATANGGOR
Isi Artikel Utama
Abstrak
The aim of this study is to describe the effectiveness of using mind mapping learning model on ability to count in mathematics at the third grade students of SD Negeri 100050 Pasarmatanggor. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 20 students as the sample and they were taken by using total sampling technique. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of using mind mapping learning model was 3.16 (good category) and (b) the average of students’ ability to count in mathematics before using mind mapping learning model was 64,2 (enough category) and after using mind mapping learning model was 83 (very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, the result showed ttabel was less than t hitung (2,01>1.734). It means, using mind mapping learning model was effective used on students’ ability to count in mathematics at the third grade students of SD Negeri 100050 Pasarmatanggor.
Keywords: mind mapping learning model, ability to count in mathematics
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berhitung matematika pada siswa kelas III SD Negeri 100050 Pasarmatanggor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 20 siswa dan diambil dengan teknik total sampling. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh: (a) rata-rata penggunaan model pembelajaran mind mapping adalah 3,16 (kategori baik) dan (b) rata-rata kemampuan berhitung siswa sebelum menggunakan model pembelajaran mind mapping adalah 64,2 (kategori cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping adalah 83 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji t sampel berpasangan, hasilnya menunjukkan ttabel lebih kecil dari thitung (2,01>1,734). Artinya, penggunaan model pembelajaran mind mapping efektif digunakan terhadap kemampuan berhitung matematika siswa kelas III SD Negeri 100050 Pasarmatanggor.
Kata kunci: model pembelajaran mind mapping, kemampuan berhitung dalam matematika
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.