Pengaruh TeknologiPendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa PAI di SMAN-2 Plus Sipirok
Kata Kunci:
teknologi pendidikan, motivasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauhmana pengaruh teknologi pendidikan terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMAN-2 Plus Sipirok sasaran penelitian adalah siswa SMA N 2 Plus Sipirok sebanyak 33 siswa di sebarkan secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yang bersifat korelasional untuk
menggambarkan pengaruh antara pengaruh teknologi pendidikan terhadap motivasi belajar siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN- 2 Plus Sipirok. Sebagai objek penelitian ini adalah siswa di SMAN-2 Plus Sipirok mulai kelas satu s.d kelas tiga yang berjumlah 33 siswa dengan penetapan sampel menggunakan teknik Random SamplingSesuai dengan hasil penelitian saya yang berjudul: pengaruh penggunaan teknologi pendidikan terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA N 2 Plus Sipirok bahwa tidak ada hubungan yang berpengaruh antara teknologi pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan korelasi antara variable X dan Y, maka interpretasi dengan menggunakan tabel nilai “r” derajat kebebasan (dk) = N – 2 = 33 – 2 = 33. Dengan memeriksa tabel nilai “r” Product Moment ternyata bahwa dengan dk sebesar 31 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,355 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh rtabel = 0,456 koefisien sebesar rxy = 0,18, pada tarap signifikan 5% dan 1% lebih kecil dari pada rtabel atau (rxy = -0,001< rtabel
Referensi
Arikunto, Suharsimi , Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 1993.
M. Sayuthi Ali, Metodologi Penelitian Agama, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk guru-karyawan danpeneliti pemula, Jakarta: alfabeta, tth.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidika, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2009.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.