NILAI-NILAI DAN NORMA TRADISIONAL MEMBENTUK ‎KATEGORI MASYARAKAT NASIONAL DALAM SOSIOLOGI ‎PENDIDIKAN ‎

Penulis

  • Hasan Basri a:1:{s:5:"id_ID";s:48:"UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan";}

Kata Kunci:

Nilai-nilai; Norma; Masyarakat Nasional; Sosiologi Pendidikan‎

Abstrak

Artikel ini membahas tentang nilai-nilai dan norma tradisional membentuk kategori nasional masyarakat dalam sosiologi pendidikan. Penulis membahas topik ini karena pentingnya nilai-nilai dan norma bagi seluruh masyarakat dunia terutama dalam dimensi Pendidikan sosial. Alasan lain muncul dari berkurangnya dan bahkan hilangnya nilai-nilai dan norma tradisional bagi masyarakat sekarang ini, ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi dikarenakan pengaruh arus global yang terus berkembang yang menyebabkan semakin majunyah teknologi yang dapat menyebabkan hilangnya nilai-nilai dan norma pada masyrakat terkhususnya diera revolusi 4.0. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi kepustakaan dengan menghimpun sumber-sumber yang sesuai dengan topik pembahasan, lalu melakukan analisis dan perbandingan hingga melakukan penalaran induktif dan deduktif dalam menarik kesimpulan. Artikel ini berhasil menemukan sebuah fakta bahwa nilai-nilai dan norma tradisional sangat penting karena berpengaruh dalam membentuk hubungan kemasyarakatan bagi manusia yang merupakan makhluk sosial. Data atau fakta ini diperoleh dari penelitian sebelumnya yang kemudian ditindaklanjuti oleh penulis dengan menelaah berbagai sumber-sumber yang relevan dan didukung oleh pengamatan yang dilakukan oleh penulis selama bersekolah hingga saat ini. Hal ini tampak sesuai dengan masa sekarang , yang mana nilai-nilai dan norma ini merupakan sandaran ataupun pijakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kemerosotan atau penurunan nilai-nilai dan norma sosial tersebut, terkhususnya dalam dunia sosiologi pendidikan.

Referensi

Dirjosisworo. Pokok-pokok Sosiologi Sebagai Penunjang Studi Hukum. Bandung: Ofste Alumni, ‎‎1892. ‎

Hikmah, F. N. (2020). PERAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI DALAM MEMBENTUK ‎PERILAKU MASYARAKAT SESUAI NILAI DAN NORMA. Jurnal IKA PGSD ‎‎(Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 142. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.592‎

Ismail, Rita. Sosiologi Keperawatan. Jakarta: Gramedia, 2007. ‎

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.‎

Zaitun. Sosiologi Pendidikan: Analisis Komprehensif Aspek Pendidikan dan Proses Sosial. ‎Pekanbaru:Kreasi Edukasi, 2015. ‎

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan ‎Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: ‎Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7-12.‎

‎ Nasution. S, Sosiologi Pendidikan.(Jakarta: Bumi Aksara, 2016)‎

Izuddin Syah Siregar, Ahmad Rusli, Salma Naelofaria. (2022). Interpretasi Poda Na Lima ‎Sebagai Pendidikan Karakter Pada Masyarakat Angkola-Mandailing. JURNAL ‎PANCASILA, 1-6.‎

Khairunnisak Lubis. (2023). Sampah Kayu Jadi Penyebab Banjir di Goti dan Manegen. ‎padangsidimpuan: HARIAN9.‎

Rohman, Rica Umrina Lubis. (2020). Poda Na Lima: Islamic Character Based on Local Wisdom ‎in Angkola-Mandailing. Ilmiah Syariah, 72-88.‎

Sujarwa. (2011). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.‎

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-19

Cara Mengutip

Basri, H. (2024). NILAI-NILAI DAN NORMA TRADISIONAL MEMBENTUK ‎KATEGORI MASYARAKAT NASIONAL DALAM SOSIOLOGI ‎PENDIDIKAN ‎. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 73–77. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1579

Terbitan

Bagian

Informatika