Penerapan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN. 5 Satu Atap Muara Batang Gadis Materi Internet
Abstrak
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui tingkat
keberhasilan penggunaan media Video dalam meningkatkan hasil belajar TIK materi Internet
kelas IX di SMPN. 5 Satu Atap Muar Batang Gadis, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten
Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang
berjumlah 15 orang pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu observer, tes dan dokumentasi, dan dilaksanakan dalam dua
siklus. Hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan pertama pada kategori cukup dan
pertemuan kedua pada kategori cukup. Hasil belajar Materi Internat pada kelas IX, dari 18 orang
siswa hanya 7 orang siswa yang mendapat nilai Baik dengan persentase sebesar 39%. Apabila
diamati dari standar KKM, maka kegiatan pembelajaran dianggap gagal. Dengan strategi Pause –
Play saat penayangan video, manjadikan siswa lebih fokus menyimak dan menganalisa setiap
point-point materi yang dijelaskan melalui video tersebut. Siswa tetap konsentrasi dan tidak ada
waktu ngantuk saat penayangan video, karena soal akan muncul dengan waktu yang tidak
disangka-sangka. Setelah diadakan siklus 2 hasilnya adalah kategori Nilai Sangat Baik pada siklus
I 0% naik menjadi 44%, pada kategori Baik dari 39% naik menjadi 50%, dan untuk kategori cukup
dari 7 siswa tinggal 1 siswa lagi (6%), yang artinya tinggal 1 orang siswa lagi yang harus
mendapatkan bimbingan khusus untuk mencapai nilai KKM seperti yang diharapkan. Dari hasil
yang diperoleh, penggunaan media video sangat cocok diterapkan untuk materi internet.
Referensi
Adliani, S., & Wahab, W. S. A. (2019). Pemanfaatan Video untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 141-145). FBS Unimed Press.
Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2).
Djumiko, D., Fauzan, S., & Jailani, M. (2020). Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 56-69.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 173.
Puspitasari, R., Lesmono, A. D., & Prihandono, T. (2015). Pengaruh model pembelajaran Poe (Prediction, Observation and Explanation) disertai media audiovisual terhadap keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 211-218.
Putranti, N. (2016). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.
Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2017). Media edutainment segi empat berbasis android: apakah membuat belajar matematika lebih menarik?. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 40-56.
Sornsa-ard, T., Niramitsantiphong, A., & Liawrungrueang, W. (2020). Management of traumatic spinal fracture in the coronavirus disease 2019 situation. Asian Spine Journal, 14(3), 385-387