Penerapan Media Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri 390 Salebaru Materi Mengenal Bangun Datar
Kata Kunci:
penelitian tindakan kelas, media tangram, bangun datarAbstrak
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan media Tangram dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar kelas II SD Negeri 390 Salebaru, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 15 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observer, tes dan dokumentasi, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Analisa pelaksanaan dua siklus yang sebelumnya tidak ada siswa yang mencapai kategori sangat baik, naik menjadi 5 (33%). Demikian juga untuk nilai kategori baik menjadi 9 siswa dengan kenaikan 60% dari siklus I. Hasil belajar Matematika dari 15 siswa, hanya 5 siswa yang mencapai standar KKM dengan Persentase 33%. Sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 10 siswa dengan persentase 67%. Dari peningkatan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan media tangram sangat cocok untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun datar.
Referensi
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Amallia, N., Unaenah, E., & Tangerang, U. M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. 3(2), 123–133.
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Fitri, N. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Tangram Pada Pembelajaran Konsep Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas II SD Negeri Panaiakang II Kota Makassar.
Handayani, H., & Alamsyah, S. (2018). Penggunaan Media Timbangan dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian di Kelas II Sekolah Dasar. 1(Desember 2017), 61– 68.
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Elfan Fanh). Edu Publisher.
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui media tangram. 4(1), 17–24.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2
(1), 90–101