EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK SWASTA HARAPAN POKEN JIOR PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Tinggom Malasari
Lukman Hakim Siregar
Ermawita Ermawita

Abstrak

Pemakaian metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan metode pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu kefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara pengaruh penggunaan metode pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ di SMK Swasta Harapan Poken Jior Padangsidimpuan. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kuantitatif yang diangkakan. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Dalam desain ini terdapat satu kelas. Kelas X TKJ diberi perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelas yang diberi perlakuan disebut kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t yaitu penggunaan blended learning terhadap minat belajar siswa yang diperoleh nilai signifikannya 0,634. Karena nilai signifikannya 0,634 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan metode blended learning terhadap minat belajar siswa. Ketentuan penerimaan atau penolakan hipotesis jika signifikannya dibawah atau sama dengan 0,05 maka hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil di tolak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Malasari, T. ., Siregar, L. H. ., & Ermawita, E. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK SWASTA HARAPAN POKEN JIOR PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 45–55. https://doi.org/10.37081/vn.v4i2.2140
Bagian
Informatika

Referensi

Nasution, H. N. (2016). Identifikasi jenis tanaman anggrek menggunakan jaringan saraf tiruan dengan metode backpropagation. Jurnal Education and Development, 1(1), 561–658.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan sistem informasi persediaan barang elektronik berbasis web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69–69.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8–8.

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit lupus dengan menggunakan metode certainty factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114–114.

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Expert systems to diagnose lupus disease using certainty factor method. Jurnal Education and Development.

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Penggunaan media Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426–430.

Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., Fauzi, R., & Lubis, I. S. (2021). Pelatihan media pembelajaran menggunakan aplikasi Borland Delphi 7 di SMK Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(3), 144–147.

Syahra, Y., Habibie, D. R., Nasution, M., & Nasution, H. N. (2021). Klasterisasi data penanganan dan pelayanan kesehatan masyarakat menggunakan algoritma K-Means. Jurnal (Vol. 9), 1423–1433.

Nasution, H. N. (2022). Perancangan bahan ajar berbasis media pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 pada mata pelajaran TIK kelas IX SMP Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438–444.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem pengenalan biji kopi Arabika, Robusta, Liberika, dan Eksalsa menggunakan metode S-Yuleq. Jurnal Education and Development, 10(1), 415–418.

Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Hidayat, T. (2022). Mendesain secara praktis dengan CorelDRAW. PT Nasya Expanding Management.

Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Hidayat, T. (2023). Bahan ajar aplikasi belajar media interaktif dengan iSpring Suite 8. PT Nasya Expanding Management.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan aplikasi pariwisata berbasis Android di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437–442.

Fahroji, A., & Nasution, H. N. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran aplikasi Sparkol Videoscribe terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Vinertek, 3(1), 1–6.

Aisyah, & Nasution, H. N. (2023). Pengembangan e-modul interaktif berbasis Android menggunakan Sigil Software pada mata pelajaran sejarah. Jurnal Vinertek, 3(1), 7–11.

Pranata, & Nasution, H. N. (2023). Rancang bangun buku ajar TIK berbasis Android di SMA Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek, 3(1), 12–15.

Pasaribu, & Nasution, H. N. (2023). Efektivitas penggunaan media Canva terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Vinertek, 3(1), 61–65.

Simorangkir, & Nasution, H. N., dkk. (2023). Perancangan modul praktikum berbasis Android pada materi perakitan komputer. Jurnal Vinertek, 3(1), 70–72.

Siregar, & Nasution, H. N., & Hidayat, T. (2023). Analisis kesiapan belajar siswa pada pembelajaran pemrograman dasar. Jurnal Vinertek, 3(2), 1–5.

Hasibuan, & Nasution, H. N., dkk. (2023). Efektivitas penggunaan media Adobe Flash terhadap minat belajar siswa. Jurnal Vinertek, 3(2), 37–41.

Salsabilah, Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Hidayat, T. (2023). Pengaruh penggunaan Smart Apps Creator terhadap kemampuan kognitif siswa. Jurnal Vinertek, 3(2), 42–47.

Rahman, M. R., Nasution, H. N., Zainy, A., & Ermawita. (2023). Perancangan modul ajar aplikasi CorelDRAW. Jurnal Vinertek, 3(2), 48–53.

Lubis, Siregar, A., & Nasution, H. N. (2023). Implementasi manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Vinertek, 3(2), 54–61.

Harianja, & Nasution, H. N. (2023). Perancangan media pembelajaran menggunakan Assembler Edu. Jurnal Vinertek, 3(3), 83–89.

Novia, & Nasution, H. N. (2023). Modul panduan penggunaan Construct 2 sebagai media pembelajaran. Jurnal Vinertek, 3(3), 121–125.

Lubis, K., & Nasution, H. N. (2023). Analisis minat belajar siswa pada pelajaran jaringan dasar. Jurnal Vinertek, 3(3), 7–10.

Muji, & Nasution, H. N. (2023). Pengembangan bahan ajar elektronik Flipbook berbantu Anyflip. Jurnal Vinertek, 3(3), 29–34.

Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Hidayat, T. (2024). Perkembangan peserta didik dalam menghadapi revolusi teknologi informasi. Pena Muda.

Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Hidayat, T. (2024). Panduan lengkap Microsoft Office 2016.

Sarkiah, Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2024). Pengaruh model PBI berbasis iSpring Suite. Jurnal Vinertek, 4(1), 9–16.

Rambe, I. N., Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2024). Modul praktikum berbasis web algoritma dan pemrograman. Jurnal Vinertek, 4(1), 17–20.

Sartika, & Nasution, H. N. (2024). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer. Jurnal Vinertek, 4(1), 38–44.

Yeni, & Nasution, H. N. (2024). Media pembelajaran Adobe Flash CS6 pada sistem operasi jaringan. Jurnal Vinertek, 4(1), 45–50.

Harahap, & Nasution, H. N. (2024). Pengaruh PBL terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Jurnal Vinertek, 4(1), 51–56.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., & Nasution, U. S. Z. (2024). Kajian etnofisika tari tortor. Jurnal Education and Development, 12(3), 359–362.

Nasyuha, A. H., Harmayani, H., Rahman, M. A., & Nasution, H. N. (2024). Navigasi keputusan. PT Penamuda Media.

Ritonga, D. R., & Nasution, H. N. (2024). Media pembelajaran 3D pengkabelan LAN. Jurnal Vinertek, 4(3), 7–11.

Sari, L. P., Siregar, D. A., Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., & Yunita, Y. (2024). Pengolahan buah kelapa menjadi minyak rambut alami. Jurnal ADAM, 3(2), 259–264.