PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Minat belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adanya pengaruh antara penggunaan Model Pembelajaran (TTW) terhadap minat belajar siswa di Kelas VII MTs Swasta Hajijah Amalia Sari. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII MTs Swasta Hajijah Amalia Sari yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 72 siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama analisis deskriptif untuk melihat gambaran secara umum dari kedua variabel, sedangkan tahap yang kedua analisis infrensial yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang dirumuskan. Pengguaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) mencapai nilai rata-rata 3,85 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Minat belajar siswa siswa materi pokok suhu dan kalor sebelum penggunaan model pembelajarn Think Talk Write (TTW) mencapai nilai rata-rata sebesar 37 berada dalam kategori “gagal”, sedangkan minat belajar siswa materi pokok suhu dan kalor sesudah penggunaan model pembelajaran (TTW) mencapai nilai rata-rata sebesar 76 termasuk dalam kategori “baik”. Berdasarkan hasil perhitungan statistic dengan menggunakan paired sample t test diperoleh nilai signifikan 0,000, hasil ini dibandingkan dengan taraf signifikan yaitu 0,05. Hasil signifikan lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap minat belajar siswa di kelas VII MTs Swasta Hajijah Amalia Sari.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Isjoni. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Istarani. 2016. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Syah, Muhibbin. 2021. Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakar