KELAYAKAN PENGEMBANGAN APLIKASI SPENTIKA-PEDIA UNTUK GURU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengukur kelayakan aplikasi tutorial yang dikembangkan untuk guru. Hasil dari penilaian kelayakan dari segi keefektifan dan kepraktisan aplikasi SPENTIKA-pedia memperoleh hasil nilai rata-rata 93,01%. Berdasarkan katagori aspek media memperoleh prosentase 92,86%. Berdasarkan katagori kemudahan penggunaan multimedia interaktif diperoleh prosentase sebesar 91,07%, dari segi kemenarikan tampilan multimedia interaktif diperoleh prosentasi sebesar 96,43%. Keefektifan multimedia interaktif memperoleh prosentase 91,07% dan kejelasan petunjuk penggunaan memperoleh prosentase sebesar 92,86%. Berdasarkan aspek materi memperoleh prosentase 89,28%. Dari segi kebermanfaatan materi pembelajaran guru memperoleh prosentase sebesar 98,21% dan dari segi kejelasan umpan balik memperoleh prosentase sebesar 94,64%. Berdasarkan aspek pembelajaran memperoleh prosentase sebesar 96,43%. Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi ini dinilai layak untuk digunakan untuk guru
Referensi
Darmawan, D. 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktek Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Husain,C. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 2, Nomor 2, Juli 2014; 184-192 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615
Kemdikbud. 2003. UU Sisdiknas. Jakarta : Kemendiknas
Kuswanto, Walusfa. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII”. Innovative Journal of Curriculum and Technology. IJCET Vol 6 (4) (2017) pp 58-64. Journal UNNES.
Seel dan Richey. 1994. Instructional Technology : The Definition and Domain of the Field. Washington DC : AECT.
Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta