PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 1 (PEMBELAJARAN 1-2) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 100308 PANOMPUAN

Penulis

  • faujiah kharisma ipts
  • Hasian Romadhon Tanjung Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sabri Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

hasil belajar tematik, make a match

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajajaran 1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match SD Negeri 100308 panompuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan.Subjeknya adalah sebanyak 23 orang.Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, analisis aktivitas siswa, dan angket respon siswa tentang model pembelajaran make a match. Hasil belajar siswa pada tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajran 1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match di kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan.  Tahun Pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan ketuntasan siswa pada setiap siklusnya. Yaitu pada siklus I memperoleh persentase 47,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tematik tema 6 sub tema 1 (pembelajaran1-2) melalui penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan

Biografi Penulis

Hasian Romadhon Tanjung, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar 

Referensi

Ariyanto, Metta. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble.Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Desember 2016: 134 – 14.

Assingkily, Muhammad Shaleh dan Br. Barus Uni Sahara. Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dasar (Metodologi Dalam Islam.Jurnal Nizhamiyah.Vol IX No.2 juli-Desember 2019.

Hunainah.Penerapan Model Pemvelajaran Make A Mtach Untuk Meningkatankan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Sdit Al-Qonita Pangka Raya.Anterior Jurnal, Volume 15 Nomor 2, Juni 2016, Hal 195-204.

Hutauruk,pindo.dkk. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ(School Education Journal). Vol 8. No 2 juni 2018.

Kurniasari, ekka,dkk. Peningkatan Hasil Bebelajar Matematika Melalui Model Make A M atch Berbantuan Media Konkert Kelas 4 SD.Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika Vol 3, No 1, April 2019, hal 40-45.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sari, Fransiska Faberta Kencana, Peningktan Hasil Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Tematik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Jurbal Stya Wijaya. Vol 34, No1 Juni 2018:62-76.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukaisi, elya.Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooferatif Tipe Make A Match Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 7. No1.

Tukiran Taniredja, Efi Miftah Faridli, dan Sri Harmianto. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-02-22

Cara Mengutip

faujiah kharisma, Hasian Romadhon Tanjung, & Sabri. (2022). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 1 (PEMBELAJARAN 1-2) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 100308 PANOMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(1), 10–14. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/299