PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEl NUMBER HEAD TOGETHERPADA SUB TEMA 4PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS III SD NEGERI 101370 BATANG PANE II

Penulis

  • Santi Rambe ipts
  • Erwin Siregar, S.Pd.,M.Pd Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sartika Rati Asmara Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Number Head Together, Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi Transportasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sub tema 4perkembangan teknonoli transportasi menggunakan model Number Head Together (NHT) di kelas III SD Negeri 101370 Batang Pane II. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Objek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 101370 Batang Pane II.Subjeknya adalah sebanyak 23 siswa.Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, Tes, dan Dokumentasi.Kemudian data hasil penelitian diolah dengan tehnik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, dan analisis aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada sub tema 4 perkembangan teknologi transportasi kelas III SD Negeri 101370 Batang Pane II tahun pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan  ketuntasan siswa setiap siklusnya. Yaitu pada siklus I memperoleh persentase 48% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 83% dengankategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada sub tema 4 perkembangan teknologi transportasi menggunakan model Number Head Together (NHT) di kelas III SD Negeri 101370 Batang Pane II.

Referensi

Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Faizah, Silviana Nur. 2016. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 1 Nomor 2

Mulyana , Mutia Agisni. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya.Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1

Sudjono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo

Suparyono. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 016 Marsawa. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 2 Nomor 6

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-18

Cara Mengutip

Santi Rambe, Erwin Siregar, S.Pd.,M.Pd, & Sartika Rati Asmara Nasution. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEl NUMBER HEAD TOGETHERPADA SUB TEMA 4PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS III SD NEGERI 101370 BATANG PANE II. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(1), 15–19. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/300