PENGARUH PRODUCTION BASED LEARNING BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN SIKAP WIRAUSAHAWAN SISWA

Penulis

  • RadenAyu Sari Ratna Wulandari Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Muhajir Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • sucipto Universitas Dr.Soetomo Surabaya

Kata Kunci:

production based learning, video pembelajaran, minat belajar, sikap kewirausahaan

Abstrak

Production based learning merupakan sebuah alternatif yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini bisa dikatakan sesuai apabila diterapkan kedalam pembelajaran yang bersifat praktik. Karena masa pandemi, kegiatan praktikpun sedikit terkendala karena pembatasan kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu dipilihlah video pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran dikarenakan mempunyai keunggulan berupa visual-audio. Pada penelitian ini mata pelajaran yang digunakan adalah produk kreatif dan kewirausahaan. Menggunakan studi kasus pemberian materi pembuatan totebag dan menggunakan sampel sebanyak 22 siswa dari kelas XII Tata Busana SMK Negeri 6 Surabaya. Pada penelitian ini dilakukan ujicoba untuk mengetahui pengaruh production based learning dengan berbantukan video pem- belajaran terhadap minat belajar dan sikap kewirausahaan. Penilaian minat belajar dan sikap kewirausahaan dilakukan dengan cara asesmen mandiri dengan menjawab pertanyaaan. Pada asesmen mandiri minat belajar terdapat 18 pertanyaan sedangkan pada asesmen mandiri sikap kewirausahaan terdapat 48 pertanyaan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih valid, minat belajar juga diukur dengan menggunakan uji pengetahuan. Uji pengetahuan terbagi menjadi dua yaitu pre-test dan post-test. Uji pengetahuan menggunakan tes tulis dengan pilihan ganda. Untuk rata-rata nilai asesmen mandiri minat belajar siswa mendapatkan nilai 3.06 sedangkan rata-rata nilai asesmen mandiri sikap kewirausahaan mendapatkan nilai 3.09. Pada uji pengetahuan, ada perbedaan nilai rata-rata antara pre-test dan post-test.

Referensi

Slavin, Robert E. 1994. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik [terjemahan], Bandung: Nusa Media.

Suyanto. 2009. Mengenal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit, Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Septianto T. 2019. 9 Fundamental Kompetensi Digital Guru Abad 21, Bogor: Cakrawala Milenia Jaya.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Afabeta, 2011.

Bahri, Djamarah Syaiful. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi Empat, Jakarta: Salemba Empat

Joshi, Ankur & Kale, Saket & Chandel, Satish & Pal, Dinesh. 2015. Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology. 7. 396-403. 10.9734/BJAST/2015/14975.

Septianto T. 2017. Evaluasi Media Pembelajaran Berbasis Hybrid dengan USE Questionnaire - Studi Kasus: Ayo Belajar Bangun Datar Pra SD. THE CONFERENCE OF EDUCATION & LEARNING INNOVATION (CoELIN). 1 (2). 266-274.

Wahyuni N. 2014. Uji Validitas dan Reliabilitas. QMC - Binus University. [Online]. Tersedia: https://qmc.bi- nus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/

V. Wiratma Sujarweni. 2014. SPSS Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

RadenAyu Sari Ratna Wulandari, Muhajir, & sucipto. (2022). PENGARUH PRODUCTION BASED LEARNING BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN SIKAP WIRAUSAHAWAN SISWA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(2), 1–5. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/322

Terbitan

Bagian

Informatika