MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI APLIKASI CHATBOT ARTICIAL INTELLINCE (AI) PADA SISWA SMP NEGERI 9 PALU

Isi Artikel Utama

Jamiluddin Jamiluddin
Muh. Arasy Khairul
Dwi Putri
Muh.Abraham Eisenring

Abstrak

Pengabdian ini dalam bentuk pelatihan tentang penggunaan chatbot Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan kosa kata peserta didik di SMPN 9 Palu. Tujuan pelatihan ini adalah menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kreativitaspeserta pelatihan dalam berbahasa Inggris dengan memperkaya kosa kata bahasa Inggris; menghadirkan mediapembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) ke dalamkelas yaitu aplikasi chatbotyang dapat digunakan untuk mengirim pesan digitalberbahasaInggris.Tujuankegiatan ini adalah meningkatkan kosa kata peserta untuk dapat berkomunikasiyang baik dalam bahasa Inggris;memberipenjelasansecaraprosedural penggunaan aplikasi chatbot AI mengenai pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggrissertabagaimanamempraktikkannyamelalui aplikasi android;memfasilitasi peserta dengan belajar secara mandiri.Lebihlanjut,kegiatan ini juga mengasah keterampilan peserta untukmembuat dan menyampaikan gagasan dalam berkomunikasi secara tertulis dalam berbahasa Inggris. Kegiatan ini dilakukan melalui metode ceramah dan demonstrasi. Kemudian dilanjutkandenganpraktiklangsung(handsonpractice).Metodedemonstrasidancontohlebihbanyakmelibatkanpenguraiandancara memperagakan sesuatu melalui contoh-contoh atau dengan kata lain learning bydoingataulearningbypracticeyangmenekankanpadabelajarsambilpraktik,jadibukanhanyasekadarteori.Jadi,pesertapelatihandiberikesempatanuntukmempraktikkan dalam menggunakanchatbot AI.Selainitu,pesertadidikmembuat suatu tulisan pendek untuk percakapan bahasa Inggris dengandibantuolehtimpengabdidanmahasiswayang terlibatdalam kegiatanini. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa semua peserta antusias, senang, dan termotivasi karena aplikasi ini masih asing bagi peserta. Peserta juga telah mengetahui penggunaan aplikasi ini, sehingga secara tidak langsung dapat belajar mandiri kapan dan dimanapun peserta berada.


 


This public service was in the form of training on the use of Chatbot of Artificial Intelligence (AI) in improving the vocabulary of students at SMPN 9 Palu. This objective is to foster and develop interest and training of participants in English; bringing ICT-based learning media (Information Communication Technology) into the classroom, namely a chatbot application that can be used to send digital messages in English. The purpose of this activity is to improve the participants' words to be able to communicate well in English; provide a procedural explanation of the use of the AI ​​chatbot application regarding the use of technology in learning English and how to practice it through the android application; facilitate participants to learn independently. Furthermore, this activity also sharpens the skills of the participants to create and convey ideas in written communication in English.This activity was carried out through lecture and demonstration methods. Then proceed with direct practice (hands on practice). Demonstration and example methods involve more on parsing and how to demonstrate something through examples or in other words learning by doing or learning by practice which emphasizes learning while practicing, so it's not just a theory. So, trainees were given the opportunity to practice using AI chatbots. In addition, students made a short writing for English conversation with the help of the public service team and students who were involved in this public activity. The results of this training showed that all participants were enthusiastic, happy, and motivated because this application was still unfamiliar to the participants. Participants also have known how to use this application, so they could indirectly learn independently whenever and wherever they are. Keywords: Training, Artificial Intelligence Chatbot, English Vocabulary

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jamiluddin, Jamiluddin, Muh. Arasy Khairul, Dwi Putri, dan Muh.Abraham Eisenring. “MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI APLIKASI CHATBOT ARTICIAL INTELLINCE (AI) PADA SISWA SMP NEGERI 9 PALU”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 22, 2022): 288–297. Diakses Oktober 6, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1159.
Bagian
adam

Referensi

Antika, R. R. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning(StudiDeskriptifdiSekolahMenengahPertamaIslamBaitul‘Izzah,Nganjuk.BioKultur, 3(1), 251-263.

Asri,A.N.,Indrianti,T.,danPerdanasari,N.(2017).PenerapanDigitalStorytellingdalamPembelajaranBahasaInggrisdiProgramStudiManajemenInformatika.Jurnal IlmiahEdukasi danSosial, 8(2),81-89.

Brennan, K. (2006). The Managed Teacher: Emotional Labour, Education, and Technology. Educational Insights, 10(2), 55-56

Cameron,L.(2005).TeachingLanguagestoYoungLearners(8thPrinting).

Cambridge:CambridgeUniversityPress.

Coniam, D. (2008). An evaluation of chatbots as software aid to learning English as a second language. EuroCALL Review 13.

Frazel, M. (2010).Digital Storytelling Guide for Educators. Oregon: InternationalSocietyforTechnology in Education.

Hubbard, P. (Ed) (2009). Computer Assisted Language Learning: Critical Concepts in Linguistics. London & New York: Routledge.

Kemendikbud.(2013).PermendikbudNo.81AtentangImplementasiKurikulum.

Jakarta:KementerianPendidikandanKebudayaan.

Sarosa, M., et.al.(2020). Jurnal Edukasi dan penelitian Informatika.ISSN(e): 2548-9364 / ISSN(p) : 2460-0741 Vol. 6 No. 3.

Sari, D. M. M. (2019).Pemberdayaan Mahasiswa dalam Pendampingan KegiatanStorytellinguntukSiswaKejuruan.Jurnal PKKM,6(3),186-190.

Sirozi,M.(2018,April23).PerandanManfaatICTdalamPendidikan.Diaksesdari

https://radenfatah.ac.id/artikel/1/peran-dan-manfaat-ict-dalam-pendidikan

Slamet, T.I. et al. (2020). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melaluiPelatihan Konten Digital Pembelajaran Berbasis Sumber Terbuka (OpenSources). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 118-130.

Target (Def. 1) (n.d). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Online).Diakses darihttps://kbbi.web.id/target.

I. Yildirim, “The effects of gamification-based teaching practices on student achievement and students' attitudes toward lesson,” The Internet and Higher Education, vol. 33, pp. 86 -92, 2017.