PELATIHAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DALAM PERCAKAPAN SEHARI-HARI MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PIPI-KU DAN PIPI-MU

Isi Artikel Utama

Jamiluddin Jamiluddin
Sriati Usman
Magfirah Magfirah

Abstrak

Hasil analisis dan hasil interview secara informal kepada mahasiswa Program Studi Sosiologi Fisip serta pengalaman pengabdi yang juga sebagai pengajar pada program studi ini mengungkap bahwa kemampuan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari sangat rendah dan memiliki ketidakmampuan yang variatif sehingga dibutuhkan suatu teknik, strategi, dan model pembelajaran yang bisa merepresentasikan variasi kemampuan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris yang simpel yang digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, dilakukan pengabdian dalam bentuk pelatihan berbicara bahasa Inggris yang simpel melalui modifikasi dan pengembangan model pembelajaran Pipi-Ku dan Pipi-Mu. Tujuan dari pelatihan ini agar para mahasiswa semakin lebih bergairah belajar, senang karena memiliki kebebasan mengungkapkan bahasa Inggris yang dimiliki sesuai apa yang tertera pada gambar. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa mahasiswa bersemangat, termotivasi, dan merasa senang sehingga mereka berkreasi untuk mengomentari sesuai apa yang ada di gambar tersebut meskipun tata bahasa Inggris mereka masih kurang sempurnah. Dengan memberikan media gambar untuk dikomentari dalam bahasa Inggris secara bebas dapat menghilangkan rasa ketidakpercayaan pada diri peserta untuk merespon sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Selain daripada itu, model pelatihan ini secara tidak langsung menciptakan pembelajaran otonomi para peserta pelatihan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jamiluddin, Jamiluddin, Sriati Usman, dan Magfirah Magfirah. “PELATIHAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DALAM PERCAKAPAN SEHARI-HARI MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PIPI-KU DAN PIPI-MU”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 84–94. Diakses Mei 9, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1296.
Bagian
adam

Referensi

Agus Suprijono. 2015. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi Komalasari. 2014. Penerapan Model Pembelajaran picture and picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. PGSD FKIP UNPAS. Tidak Diterbitkan

Kuraedah, & Saliadin, L. 2016. Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Kabupaten Konawe Selatan. IAIN Kendari. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9. No.1, hal 144-161.

Mundziroh, Siti dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya ISSN 123020-6405 Vol.2 NO.1, hal. 1. eprints.uns.ac.id/1332/1/2148-4835-1-SM.

Purwasih, Ria. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas X Semester Genap SMA Dipanegara Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. UNIMED

Sutirman. 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Ujang S. Hidayat. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.

Wiyati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Universitas Riau. Jurnal Primary PGSD. Vol. 7. No. 1, hal. 88-95