PENERAPAN GAME SIMON SAYS DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK TK DI SEKOLAH AZ-ZALFA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pentingnya belajar bahasa inggris pada usia dini dikarenakan bahasa inggris merupakan bahasa International. Metode belajar pada anak usia dini adalah belajar sambil bermain karena dapat memudahkan untuk menerima informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan suasana belajar bahasa inggris melalui game yang dapat membantu mempermudah siswa dalam mengingat kosakata serta dapat meningkatkat kemauan siswa dalam belajar. Pada saat anak belajar dengan metode konvensional maka anak akan susah memahami dan cepat bosan karena anak belajar dari buku dan mendengarkan penjelasan tetapi dengan adanya metode belajar dengan games simon says ini diharapkan akan memudahkan anak dalam mempelajari, memahami dan menguasai bahasa asing. Selain memudahkan mengingat kosakata, permainan ini juga melatih pendengaran. Hasil penelitian ini mendapat respon positif, anak menikmati pembelajaran dengan antusias. Sekitar 80% nilai presentasi anak mengingat dan dapat menjawab pertanyaan pada pertemuan selanjutnya.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. 2017. Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133-142.
Asih, D., Wibowo, D. C., & Kurniati, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sandung. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(1), 40-49.
Yamin, M. 2017. Metode pembelajaran bahasa inggris di tingkat dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82-97.
Sahrawi, S., Hafis, M., Sari, D. S., Astuti, D. S., & Wiyanti, S. 2018. Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Smp Awaluddin. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 166-175.
Utama, S. W. 2021. Bentuk Kraetivitas Guru Dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Bagi Sisiwa. Al-Mujahidah, 2(1), 218-230.
Uzer, Y. V., & Pd, M. 2019. Strategi belajar bahasa inggris yang menyenangkan untuk pendidikan anak usia dini. Pernik Jurnal Paud, 2(1), 86-95.