PERMAINAN SHAKE AND SAY(SAS) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI

Isi Artikel Utama

Asriani Hasibuan
Derliana Hasibuan
Dharyana Suryadijaya
Derlina Sari Rambe
Taufik Nasution
Rahmaini Pasaribu
Dimas Eri Sujiwo

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar bahasa Inggris anak usia dini dengan menggunakan permainan Shake and Say (SaS) dengan penggunaan dadu dan gambar sebagai medianya. Subjek Penelitian ini adalah anak anak di TK Madina Padangsidimpuan dengan total siswa 16 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar bahasa Inggris anak anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil dari kegiatan ini adalah permainan Shake and Say (SaS) pada anak anak usia dini sangat cocok digunakan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris bagi anak anak usia dini serta untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai kosakata bahasa Inggris di sekitar lingkungan anak anak. Permainan ini sangat menarik minat anak anak untuk belajar bahasa Inggris karena simple dan kapan waktu saja bisa dilakukan dan menggunakan alat yang mudah ditemui ataupun dibuat senidiri. Tim PkM mempersentasikan keberhasilan permainan ini dalam menarik minat belajar anak anak mencapai 85% keberhasilannya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasibuan, Asriani, Derliana Hasibuan, Dharyana Suryadijaya, Derlina Sari Rambe, Taufik Nasution, Rahmaini Pasaribu, dan Dimas Eri Sujiwo. “PERMAINAN SHAKE AND SAY(SAS) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 114–122. Diakses Juni 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1740.
Bagian
adam

Referensi

Andriani. M. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Kegiatan Bermain Menyusun Dadu Huruf di Kelompok B TK Dharma Wanita Campurejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.Vol.01.No.10.

Hewi, L. 2020. Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi. IAIN Kendari, Kendari, Indonesia Vol. 8 No. 1.

Pratiwi, W. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini.Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.Vol.5 No.2.

Suniantari, N. W. E., Pudjawan. K., Ujianti, P. R. 2014. Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Dadu Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa. E- journal PG-PAUD. Vol. 2 No. 1.

Tedjasaputra, M. 2011. Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Anak Usia Dini. Grasindo. Jakarta

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama