OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DISEKOLAH DASAR NEGERI 200210 SIDANGKAL

Isi Artikel Utama

Asriani Hasibuan
Risman Efendi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat peserta didik untuk mengenali huruf untuk mempermudah peserta didik membaca dengan menggunakan media. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Optimalisasi pembelajaran membaca menggunakan media kartu huruf disekolah dasar negeri 200210 sidangkal” telah dilaksanakan di SD Negeri 200210 dikelurahan Sidangkal Kec. Padangsidimpuan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) kali yaitu pelaksanaannya pada tanggal 1 Agustus 2024. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari kelas IIA, IIB, IIIB, dan kelas VI,B. Dengan adanya media kartu huruf membangkitkan minat mereka dalam belajar. Dari hasil media tersebut adanya perubahan terhadap peserta didik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasibuan, Asriani, dan Risman Efendi. “OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DISEKOLAH DASAR NEGERI 200210 SIDANGKAL”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (Februari 8, 2025): 22–28. Diakses Februari 22, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/2345.
Bagian
adam

Referensi

Heru Subrata & dkk (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol,6. No,5. Hal.1-15. file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Microsoft/Windows/INetCache/IE/BZFA06FB/admin,+138.+PETRUS+MAU+TELLU+DONY+8992+-+9006[1].pdf

Veryawan (2020). Media Kartu Huruf Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Vol.2. No.2. Hal. 151-164. file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Microsoft/Windows/INetCache/IE/M6RKD2NO/2119-Article_Text-12643-1-10-20220404[1].pdf

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama