PENTINGNYA PERANAN IPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Isi Artikel Utama

Nenni Lubis
Mutiara
Dedes Asriani
Rohima sakila
Saftina Saftina

Abstrak

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa SD Negeri 200106 Padangsidimpuan. Pelaksana dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Kimia FPMIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah penyampaian materi tentang pengertian IPA, pentingnya mempelajari IPA, dan contoh-contoh perananan IPA dalam kehidupan sehari-hari. hasil dari program kegiatan ini sudah dilaksanakan secara keseluruhan dan mencapai target luaran 85 %.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubis, Nenni, Mutiara, Dedes Asriani, Rohima sakila, dan Saftina Saftina. “PENTINGNYA PERANAN IPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 119–123. Diakses Mei 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1380.
Bagian
adam

Referensi

Bundu,Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Prosesdan Sikap Ilmiah dalam Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sayekti IC. (2015). Peran Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar Dalam Membangun Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasioanal Dan Call Papers.PGSD FKIP Universitas Muhammdiyah Surakarta: Surakarta. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/6010/13

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa MI. Jurnal Elementary. Vol 4(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1969

Susanto Ahmad. (2013). IPA Suatu Usaha Manusia Dalam Memahami Alam Semesta Melalui Pengamatan Yang Tepat Pada Sasaran.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyudi, Agus. 2003. Dasar-dasar IPA. Malang: F.MIPA UNM.

Trianto. (2014). IPA Suatu Kumpulan Teori Yang Sistematis Sekolah Dasar . Yogyakarta: Tiara Wacana