SOSIALISASI CARA PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DI SD AGAR HASIL EVALUASI NILAI SISWA BAIK

Isi Artikel Utama

Afdhal Ilahi
Nurbaiti Nurbaiti
Mira Yanti Siregar
Noni Yusnaida

Abstrak

Sosisalisasi  di sekolah  ini telah dilaksanakan pada bulan  Mei 2023, yang berlokasi di SD N 200209/25 sitamiang, padang sidempuan. bertujuan untuk melaksanakan sosialisasi terkait cara pembelajaran yang menyenangkan di sd dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Yang dimana kami menggunakan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran ipa tentang energi alternatif. Metode pengabdian di sekolah ini dilakukan untuk melihat dan menilai sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajari dikelas yang dijelaskan oleh guru dengan menggunakan model talking stick . Menurut guru yang mengajar  dengan adanya kegiatan ini sedikit  membantu untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang dipelajari dengan adanya model pembelajaran yang menarik sehingga menarik minat siswa dalam belajar. Selama berlangsungnya kegiatan,  pengabdian dilakukan dalam bentuk sosialisasi cara pembelajaran menyenangkan di sd agar hasil evaluasi nilai siswa baik oleh karena itu adapun metode talking stick ini agar mempermudah siswa dalam mengerti dan memahami pembelajaran yang telah di pelajari. Setelah pengabdian selesai, siswa jadi tahu bahwa belajar bukan hanya memperhatikan , menulis dan mendengarkan saja ,tetapi dengan adanya permainan belajar menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah di pahami dan diingat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peran aktif dan antusiasme mereka dalam melaksanakan kegiatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian di sekolah  ini di antara nya: 1) untuk mengajarkan dan mengajak siswa belajar agar lebih santai dengan menggunakan model talking stick.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ilahi, Afdhal, Nurbaiti Nurbaiti, Mira Yanti Siregar, dan Noni Yusnaida. “SOSIALISASI CARA PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DI SD AGAR HASIL EVALUASI NILAI SISWA BAIK”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 287–292. Diakses April 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1533.
Bagian
adam

Referensi

Hartina Siti, 2012. Using Talking Stick Method to Imptove The Speaking Ability. Dikutip pada tanggal 04 Mei 2023.

Historica Didaktika. 2021 Desember . Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial ISSN : 2808-2966 Vol.1 No. 2 . Dikutip pada tanggal 04 Mei 2023.

Sihotang , j. 2017. Penerapan metode tanya jawab untuk mengatakan hasil belajar IPA pada siswa SD .suara guru , 3 (4),681- 688.

https://www.ictinc.ca/blog/first-nation-talking-stick-protocol Dikutip pada tanggal 04 Mei 2023.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama