SOSIALISASI MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DIKELAS DI SD NEGERI 200103 PADANG SIDEMPUAN

Isi Artikel Utama

Afdhal Ilahi
Nurbaiti Nurbaiti
desi barasa
Aisyah Marhamah
Sri Handayani
Eigten Manalu
Dina Mariana
Ummi Kalsum Harahap
Dini Andriyani
Habib Rahmansyah
Gabby Maureen Pricillia
Mara Judan Rambey
Riswandi Harahap

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi pengelolaan kelas guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas, 2) Faktor pendukung dalam melaksanakan startegi pengelolaan kelas dala meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas. Berdasarkan kesenjangan tersebut, maka guru juga berperan untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan bermakna, hal tersebut bergantung pada cara guru dalam mengelola kelas tersebut. Salah satu prinsip pengelolaan kelas yaitu cara guru dalam melibatkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif pada kegiatan pembelajaran.Teknik pengeumpulan data yang dilakukan yaitu pengabdian,dan dokumentasi.Hasil pengabdian menunjukkan bahwa; 1) Strategi pengelolaan kelas guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa  dikelas antara lain; a) penataan lingkungan belajar. b) cara pengajaran guru. c) mengatur perilaku dan memberikan motivasi kepada siswa. 2) Faktor pendukung antara lain; Sarana dan prasarana, dan Siswa.


 


Kata Kunci:  Strategi pengelolaan kelas, guru, dan keaktifan siswa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ilahi, Afdhal, Nurbaiti Nurbaiti, desi barasa, Aisyah Marhamah, Sri Handayani, Eigten Manalu, Dina Mariana, Ummi Kalsum Harahap, Dini Andriyani, Habib Rahmansyah, Gabby Maureen Pricillia, Mara Judan Rambey, dan Riswandi Harahap. “SOSIALISASI MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DIKELAS DI SD NEGERI 200103 PADANG SIDEMPUAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 54–61. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1309.
Bagian
adam

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46. Efendi, R., & Gustriani, D. (2022). Manajemen kelas di sekolah dasar. Penerbit Qiara Media. Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Ismail. 2015. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pembelajaran.” Jurnal MUDARRISUNA 4(2): 704–19. Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online (Jossapat Hendra Prijanto, Firelia de Kock)

Rahmawati, Mega, and Edi Suryadi. 2019. “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 49.

Naziaha, Syifa Tiara, Luthfi Hamdani Maula, and Astri Sutisnawati. 2020. “Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7(2): 109–20.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama