SOSIALISASI MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DIKELAS DI SD NEGERI 200103 PADANG SIDEMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi pengelolaan kelas guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas, 2) Faktor pendukung dalam melaksanakan startegi pengelolaan kelas dala meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas. Berdasarkan kesenjangan tersebut, maka guru juga berperan untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan bermakna, hal tersebut bergantung pada cara guru dalam mengelola kelas tersebut. Salah satu prinsip pengelolaan kelas yaitu cara guru dalam melibatkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif pada kegiatan pembelajaran.Teknik pengeumpulan data yang dilakukan yaitu pengabdian,dan dokumentasi.Hasil pengabdian menunjukkan bahwa; 1) Strategi pengelolaan kelas guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dikelas antara lain; a) penataan lingkungan belajar. b) cara pengajaran guru. c) mengatur perilaku dan memberikan motivasi kepada siswa. 2) Faktor pendukung antara lain; Sarana dan prasarana, dan Siswa.
Kata Kunci: Strategi pengelolaan kelas, guru, dan keaktifan siswa
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46. Efendi, R., & Gustriani, D. (2022). Manajemen kelas di sekolah dasar. Penerbit Qiara Media. Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Ismail. 2015. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pembelajaran.” Jurnal MUDARRISUNA 4(2): 704–19. Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online (Jossapat Hendra Prijanto, Firelia de Kock)
Rahmawati, Mega, and Edi Suryadi. 2019. “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 49.
Naziaha, Syifa Tiara, Luthfi Hamdani Maula, and Astri Sutisnawati. 2020. “Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7(2): 109–20.