PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MATERI PENINGGALAN KERAJAAN HINDU DAN BUDHA DI INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 DI SD NEGERI 200102/2 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Rani Kusuma Ningtyas
Eko Sucahyo

Abstrak

Pembelajaran sejarah membutuhkan media pembelajaran untuk memudahkan pemahaman terhadap peristiwa maupun peninggalan sejarah. Media pembelajaran audio visual merupakan media yang dapat memaparkan gambar serta video untuk memudahkan  dalam memahami materi sejarah. Situs hindu-buddha banyuwangi dipilih sebagai materi pengembangan yang menjelaskan tiga situs peninggalan yang perlu diketahui oleh. Pendidik membutuhkan inedia pernbelajaran yang dapat membantu menyalurkan informasi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu: a) untuk menjelaskan tentang peninggalan kerajaan hindu dan budha di Indonesia; b) untuk memberi pendidikan tambahan serta pemahaman tentang pentingnya mengetahui kerajaan-kerajaan hindu dan budha. Adapun manfaatnya antara lain: a) mengembangkan teori keilmuan di bidang pendidikan, khususnya tentang pentingnya pembelajaran peninggalan kerajaan hindu dan budha; b) dapat membuat masyarakat serta  sadar akan pentingnya penggunaan media audio visual sangatlah penting bagi , agar lebih mudah memahami materi pembelajaran. Hasil Yang Di Capai Dari beberapa anak yang mengikuti kegiatan, sebagian besar menunjukkan pertanyaan, tentang peninggalan kerajaan hindu dan budha tidak adapun satu  yang bisa menjawab pertanyaan dari kami, Namun tim pelaksanaan acara membantu  untuk rnenjawab pertanyaan dengan menunjukkan media audio visual atau media animasi, tim pelaksana menunjukkan handphonenya satu persatu ke. Dari antusias sasaran peserta didik di SD Negeri 200102/2 Padangsidimpuan, kegiatan ini sangat berpotensi dan berlanjut dan terus berkembang lebih baik dengan tema Pengabdian Masyarakat yang sama maupun berbeda. Hal ini di karenakan banyaknya kegiatan kegiatan di sekolah tersebut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kusuma Ningtyas, Rani, dan Eko Sucahyo. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MATERI PENINGGALAN KERAJAAN HINDU DAN BUDHA DI INDONESIA KELAS V SEMESTER 2 DI SD NEGERI 200102/2 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 380–384. Diakses Mei 13, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1608.
Bagian
adam

Referensi

Aljawiy, A. Y., & Muklason, A. (2011). Jejaring Sosial dan Dampak Bagi Penggunanya. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Infonnasi, 1 (1), 1-7.

Harjasudjana, (2008). Membaca Dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Haqi, A,B. 2022. Pentingnya Mengetahui Dampak Negatif Dan Dampak Positif Dari Penggunaan Teknologi Untuk Anak Di Bawah Umur Pada Jaman Sekarang Seperti Penggunaan Hp Dan Komputer Di Padangsidimpuan.

Isah Cahyani. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009), Cet.1 h.95.

Mutia. 2022. Belajar Menggunakan Metode Bermain Sekolah-Sekolahan Pada Anak Di Lingkungan Batunadua Julu Di Padangsidimpuan.

Ningrum, Epon. 2009. Pendekatan Kontekstual. Karawang: RSBI