PELATIHAN SERI LITERASI KEUANGAN PINJOL MEMBUAT KANTONG JADI BOBOL (GURU dan ORANG TUA MURID TK TAMAN INDRIA KOTA BANDUNG)

Isi Artikel Utama

Aldi Akbar
Budi Rustandi Kartawinata
Mahendra Fakhri

Abstrak

Pinjaman online adalah sebuah proses pembiayaan yang dilakukan secara online dengan menggunakan transfer data yang dimulai dari aplikasi pengajuan pembiayaan, dampai dengan transfer dana dalam bentuk digital. Awalnya pinjaman online ini menjadi sebuah terobosan baru bagi dunia keuangan yang dapat menjadi solusi yang sangat hebat dalam era teknologi keuangan, karena dengan pinjaman online invidu yang membutuhkan uang dengan sifat yang Tingkat urgensinya sangat tinggi bisa menggunakan pinjaman online sebagai solusi karena bisa memangkas waktu ketersediaan dana yang dibutuhkan, hal ini biasanya dgunakan oleh para pemilik bisnis. Akan tetapi seiring berlajannya waktu, saat ini pinjaman online merupakan susuatu yang menyeramkan. Pinjaman Online saat ini telah menimbukan banyak korban karena pinjaman online saat ini bisa disamakan dengan rentenir online, sehingga korbannya adalah individu yang terlilit hutang yang sangat besar bunganya, sampai tidak bisa membayar bukan saja pokok pinjamannya, bahkan bunganya pun tidak bisa mereka lunasi, sehingga mereka didatangi oleh debt collector atau pihak penagih hutang yang tidak jarang melakukan penagihan hutangnya dengan kekerasan. Hall ini tentu saja menyebabkan keresahan di masyarakat.


Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan dan pendidikan kepada masyarakat sasar yang terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama, perencanaan antar penyelenggara dengan masyarakat sasar diawali dengan kelengkapan administrasi form rekomendasi dan surat kesediaan masyarakat sasar yang memuat peran, tugas, pokok dan fungsi. Tahap kedua, pelaksanaan berupa penyuluhan yang disampaikan secara luring (luar jaringan) yang bertempat di aula sekolah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sejatinya merupakan bentuk dari rencana berupa seri penyuluhan keuangan digital. Sehingga akan dirancang relevansi antar satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Dengan demikian masih terbuka untuk seri pengabdian selanjutnya dengan cakupan bukan hanya masyarakat sasar yang sama melainkan jejaring dari masyarakat sasar itu sendiri dalam hal ini lembaga-lembaga pendidikan lain yang masuk dalam jejaring TK Taman Indria (menginduk pada Taman Siswa) di sekitar kota Bandung, sehingga target literasi keuangan digital bisa lebih luas segmentasinya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Akbar, Aldi, Budi Rustandi Kartawinata, dan Mahendra Fakhri. “PELATIHAN SERI LITERASI KEUANGAN PINJOL MEMBUAT KANTONG JADI BOBOL (GURU Dan ORANG TUA MURID TK TAMAN INDRIA KOTA BANDUNG)”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (Agustus 10, 2024): 271–277. Diakses September 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1961.
Bagian
adam

Referensi

Akbar, A., & Kartawinata, B. R. (2021). Analisis Non Performing Loan (NPL) Pada Bank Pembangunan Daerah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 67–82.

Agboola, A. A., & Salawu, R. O. (2018). Online Peer-to-Peer Lending in Nigeria: An Empirical Analysis of Borrowers’ Characteristics and Loan Default. Journal of Internet Banking and Commerce, 23(2), 1-19.

Allen, L., & Klapper, L. (2018). The Role of Online Lenders in FinTech Credit Markets. Journal of Banking & Finance, 86, 1-13.

Anggraini, R. (2020). Perbandingan Penggunaan Pinjaman Online dan Pinjaman Konvensional di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 28(2), 298-307.

Bounie, D., & François, A. (2020). Do Online Lenders Target Vulnerable Borrowers? Evidence from a Large Sample of Payday Loan Applications. Journal of Financial Services Research, 57(1), 85-109.

Chen, H., & Huang, Z. (2018). Online Peer-to-Peer Lending: A Literature Review. Frontiers of Business Research in China, 12(1), 1-28.

Dillard, J. F., & Shen, Y. (2021). The Effects of Online Lending on Traditional Bank Lending: Evidence from the United States. International Review of Financial Analysis, 74, 101701.

Duarte, J., Siegel, S., L. (2018). Trust and Credit: The Role of Appearance in Peer-to-Peer Lending. Management Science, 64(6), 2585-260.

Gao, M., & Tse, Y. K. (2018). The Impact of Peer-to-Peer Lending on Traditional Banking. Journal of Financial Economics, 129(3), 444-461.

Klaff, L., & Rosenbaum, P. (2020). Consumer Credit Risk and Online Peer-to-Peer Lending: Evidence from China. Journal of Financial Stability, 46, 100754.

Li, X., & Zhang, Y. (2019). The Dark Side of Online Peer-to-Peer Lending: Evidence from China. Pacific-Basin Finance Journal, 57, 101128.

Lin, M. H., Prabhala, N. R., & Viswanathan, S. (2019). Judging Borrowers by the Company They Keep: Friendship Networks and Information Asymmetry in Online Peer-to-Peer Lending. Management Science, 65(6), 2701-2727.

Mollick, E. (2016). The Dynamics of Crowdfunding: An Exploratory Study. Journal of Business Venturing, 32(1), 79-99.

Tang, Y., Xiong, W., & Yang, B. (2018). Does P2P Lending Information Asymmetry? Evidence from China. Journal of Banking & Finance, 87, 264-280.

Wang, H., & Xu, J. (2020). The Impact of Online Peer-to-Peer Lending on Traditional Bank Lending: Evidence from China. Journal of Financial Stability, 46, 100801.

Yang, H., Qi, Y., & Li, X. (2021). How Does Online Peer-to-Peer Lending Respond to Macroprudential Policies? Evidence from China. International Review of Economics & Finance, 76, 133-147.