PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PKn UNTUK GURU SD N 101230 SABABANGUNAN

Isi Artikel Utama

Sabri Sabri
Monica Theresia

Abstrak

Pelaksanaan kegiataan ini dilatarbelakangi oleh pendekatan pembelajaran belum membuat siswa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.Keadaan yang demikian menjadi salah satu pemicu rendahnya aktivitas siswa dibanding guru dalam pembelajaran dan belum berkembangnya pemikiran kreatif siswa.Dalam upaya meningkatkan kualitas PKn, maka diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, media pembelajaran dan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan.Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa dapat belajar secara optimal baik di dalam belajar mandiri maupun didalam pembelajaran di kelas.Agar pembelajaran lebih optimal maka diperlukan pula pendekatan pembelajaran yang meningkatkan pemikiran kreatif siswa. Pelaksasanaan proses pembelajaran PKn masih belum optimal. Masih sedikit guru yang mau mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran PKn apalagi untuk anak TK, masih banyak guru yang belum bisa mengajarkan bagaimana cara berbahasa yang baik dan benar. Untuk mencari alternatif solusi pemecahan masalah di atas, maka diadakan Pelatihan Penerapan Model pembelajaran dalam Pembelajaran PKn di SD N 2 Padangsidimpuan bagi guru-guru TK. Dengan tujuan untuk melatih guru-guru menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sasaran dari pengabdian ini adalah guru-guru di SD N 101230Sababangunan.Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan pada tanggal 03 Desember 2019 yang bertempat di SD N 101230Sababangunan.Hasil evaluasi diperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah meningkatkan keterampilan guru-guru TKdalam menerapkan pendekatan Open Ended dalam pembelajaran PKn. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar, karena berbagai pendukung terutama partisipasi peserta yang cukup antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sabri, Sabri, dan Monica Theresia. “PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PKn UNTUK GURU SD N 101230 SABABANGUNAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (Februari 21, 2022): 13–17. Diakses Mei 7, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/305.
Bagian
adam