PEMANFAATAN LIMBAH KERTAS MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD N 200105 KOTA PADANG SIDEMPUAN UTARA

Isi Artikel Utama

Khoiruddin Saleh Siregar
Sabri Sabri
Maya Sari Harahap
Nuhanifa Simatupang
Riswandi Harahap

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SD Negeri 200105 Kota Padang Sidimpuan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan siswa SDN 200105 Kota Padang Sidimpuan Utara tentang  manfaat limbah kertas yang dapat dimanfaatkan menjadi media pembelajaran seperti media pembelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Selain itu, memberikan pengalaman belajar bagi siswa, disaat mereka melakukan tindakan mengolah limbah kertas menjadi media pembelajaran secara langsung. Kegiatan siswa dalam mengolah limbah kertas menjadi media pembelajaran juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasi siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan pendekatan participant active learning (peserta berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan Limbah kertas untuk media pembelajaran inovatif guru). Bentuknya adalah pelatihan interaktif dan pendampingan. Adapun tahapan metode yang digunakan dalam proses pelatihan dan pendampingan ini menggunakan: 1) Ceramah; 2) Tanya Jawab; 3) Diskusi; 4) Curah Pendapat; 5) Studi Kasus; 6) Simulasi; dan 7) Praktik. Siswa terlihat aktif dalam kelas karna menggunakan media pembelajaran yang menarik yang terbuat dari limbah kertas. Pengabdian ini memberikan mafaat bagi siswa, terlihat siswa lebih mudah paham terhadap pelajaran yang disampaikan guru karna keterlibatan langsung dalam pembuatan media pembelajaran yang ingin mereka gunakan pada pembelajaran berlangsung.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saleh Siregar, Khoiruddin, Sabri Sabri, Maya Sari Harahap, Nuhanifa Simatupang, dan Riswandi Harahap. “PEMANFAATAN LIMBAH KERTAS MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD N 200105 KOTA PADANG SIDEMPUAN UTARA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 345–350. Diakses Mei 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1591.
Bagian
adam

Referensi

Dep.dibud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta : Balai Pustaka

Gunarto ,Arif,ddk. 2008. Pemanfaatan Limbah Kertas Tehnik Sipil dan Lingkungan Tehnik UGN. Yokyakarta :

Rudy Gunawan. (2014). Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. 2015. Manfaat Dari Pembuatan Limbah Kertas yang Didaur Ulang. Jakarta : PT Alex Komputindo.

Sartono, N., Rusdi, R., & Handayani, R. (2017). Meningkatkan Mutu Pendidikan dalam pembuatan Media Pembelajaran. jakarta : Biosfer Jurnal pendidikan,10(1), 58-64.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama