PELATIHAN KEMAMPUAN PERCAYA DIRI TERHADAP ANAK SD MELALUI KEGIATAN PIDATO

Isi Artikel Utama

Lili
Royhanun Siregar
Malan Sari Batubara

Abstrak

 


The problem faced by partners, namely teachers and parents of elementary school children in Aek Uncim Village, is the low self-confidence of elementary school students in speaking in public through speech techniques. Meanwhile, the ability to perform speech skills has become a mandatory stage that must be carried out in the community and in the classroom. Departing from these problems, service activities are carried out by providing speech skills to increase the participants' confidence to speak in public. The implementation methods used in this activity are: (1) providing training to overcome nervousness, and (2) training and mentoring in speech practice. The result of this training is that the children are ready to appear in public.


 


 


Keywords: Speech, Confidence, Training


 


Abstrak


                                        


Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu para guru dan orang tua anak-anak Sekolah Dasar di lingkungan Desa Aek Uncim adalah masih rendahnya kepercayaan diri anak SD dalam berbicara di depan umum melalui teknik berpidato. Sementara itu kemampuan untuk melakukan keterampilan berpidato telah menjadi tahap wajib yang harus dapat dilakukan dilingkungan masyarakat maupun di dalam kelas. Berangkat dari permasalahan tersebut maka kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan keterampilan berpidato untuk meningkatkan kepercayaan diri para peserta untuk berbicara di depan umum. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah : (1) memberikan pelatihan mengatasi rasa  gugup, dan (2) pelatihan dan pendampingan dalam praktek pidato. Hasil dari pelatihan ini adalah anak-anak siap tampil di depan umum.


 


Kata kunci : Pidato, Kepercayaan Diri, Pelatihan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lili, Royhanun Siregar, dan Malan Sari Batubara. “PELATIHAN KEMAMPUAN PERCAYA DIRI TERHADAP ANAK SD MELALUI KEGIATAN PIDATO”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 15, 2022): 247–252. Diakses April 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/622.
Bagian
adam