PELATIHAN KEMAMPUAN PERCAYA DIRI TERHADAP ANAK SD MELALUI KEGIATAN PIDATO
Isi Artikel Utama
Abstrak
The problem faced by partners, namely teachers and parents of elementary school children in Aek Uncim Village, is the low self-confidence of elementary school students in speaking in public through speech techniques. Meanwhile, the ability to perform speech skills has become a mandatory stage that must be carried out in the community and in the classroom. Departing from these problems, service activities are carried out by providing speech skills to increase the participants' confidence to speak in public. The implementation methods used in this activity are: (1) providing training to overcome nervousness, and (2) training and mentoring in speech practice. The result of this training is that the children are ready to appear in public.
Keywords: Speech, Confidence, Training
Abstrak
Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu para guru dan orang tua anak-anak Sekolah Dasar di lingkungan Desa Aek Uncim adalah masih rendahnya kepercayaan diri anak SD dalam berbicara di depan umum melalui teknik berpidato. Sementara itu kemampuan untuk melakukan keterampilan berpidato telah menjadi tahap wajib yang harus dapat dilakukan dilingkungan masyarakat maupun di dalam kelas. Berangkat dari permasalahan tersebut maka kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan keterampilan berpidato untuk meningkatkan kepercayaan diri para peserta untuk berbicara di depan umum. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah : (1) memberikan pelatihan mengatasi rasa gugup, dan (2) pelatihan dan pendampingan dalam praktek pidato. Hasil dari pelatihan ini adalah anak-anak siap tampil di depan umum.
Kata kunci : Pidato, Kepercayaan Diri, Pelatihan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.