PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI KECEPATAN, JARAK DAN WAKTU DI KELAS V SDN 173242 HUTA JAE KECAMATAN SIMANGUMBAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pada materi kecepatan, jarak dan waktu di kelas V SDN 173242 Huta Jae Kecamatan Simangumban. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Objek penelitian adalah siswa kelas V SDN 173242 Huta Jae. Subjeknya adalah sebanyak 26 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, Tes, angket minat belajar dan Dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan tehnik analisis tes hasil belajar, teknik analisis angket minat belajar, analisis lembar observasi pendekatan matematika realistik , dan analisis aktivitas siswa. Hasil minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi kecepatan, jarak dan waktu di kelas V SDN 173242 Huta Jae tahun pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan ketuntasan siswa setiap siklusnya. Hasil minat belajar yaitu pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 53,84 % kategori cukup, nilai rata-rata pada siklus I yaitu 70,96 % kategori baik sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yaitu 95,19% ktegori sangat baik. Dan hasil belajar siswa yang diperoleh pra siklus rata-rata siswa 50,77%, siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 50 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada materi kecepatan, jarak dan waktu di kelas V SDN 173242 Huta Jae Kecamatan Simangumban.
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Minat Dan Hasil Belajar, Kecepatan, Jarak Dan Waktu
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.