PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU” MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELAS IV SD NEGERI 200407 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

nadiah harahap
Zulfadli Zulfadli
Sartika Rati Asmara Nasution
Rahmad Afandi Dongoran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam  pembelajaran IPS materi “Keberagaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku” menggunakan model Make A Match di kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi “Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku” menggunakan model  Make A Match pada kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1)  Observasi,  2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar pada IPS materi “Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku” di kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 54% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 83% siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.


 


Kata Kunci:  Hasil Belajar, Model  Make A Match.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
harahap, nadiah, Zulfadli Zulfadli, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Rahmad Afandi Dongoran. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ‘KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU’ MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELAS IV SD NEGERI 200407 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 359–369. Diakses Juni 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/534.
Bagian
Artikel

Referensi

Daryanto.2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gaga Media.

Huda.2014. Model- Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purwanto. 2020. Evaluasi Hasil Belajar.. Celeban Timur: Pustaka Belajar.

Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa.Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Supriatna. 2010. Pendidikan IPS SD. Bandung: Upi Press.

Suprijono. 2011. Cooperatif Learning: Pustaka Belajar.

Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>