PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU” MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELAS IV SD NEGERI 200407 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi “Keberagaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku” menggunakan model Make A Match di kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi “Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku” menggunakan model Make A Match pada kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar pada IPS materi “Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku” di kelas IV SD Negeri 200407 Padangsidimpuan. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 54% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 83% siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Make A Match.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Daryanto.2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gaga Media.
Huda.2014. Model- Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Purwanto. 2020. Evaluasi Hasil Belajar.. Celeban Timur: Pustaka Belajar.
Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa.Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Supriatna. 2010. Pendidikan IPS SD. Bandung: Upi Press.
Suprijono. 2011. Cooperatif Learning: Pustaka Belajar.
Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.