MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN 0509 JANJILOBI LIMA KABUPATEN PADANG LAWAS

Isi Artikel Utama

Nur Anisa Hsb
Zulfadli Zulfadli
Monica Theresia

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan melalui            penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 0509 Janjilobi Lima Kabupaten Padang Lawas. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 0509 Janjilobi Lima Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan soal tes. Berdasarkan hasil pengamatan observer pada penerapan model pembelajaran Snowball Throwing  meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 67,27% dan meningkat pada siklus II 82%. Kemudian hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 40% atau 7 orang siswa yang sudah mencapai KKM dan 60% atau 13 orang siswa yang tidak mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 80% atau 16 siswa yang mencapai KKM. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan  kelas V SDN 0509 Janjilobi Lima Kabupaten Padang Lawas.


 


Kata-kata kunci : Hasil belajar, siswa,  model, Snowball Throwing

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hsb, Nur Anisa, Zulfadli Zulfadli, dan Monica Theresia. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN 0509 JANJILOBI LIMA KABUPATEN PADANG LAWAS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 185–193. Diakses April 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1100.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>