MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN 0509 JANJILOBI LIMA KABUPATEN PADANG LAWAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 0509 Janjilobi Lima Kabupaten Padang Lawas. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 0509 Janjilobi Lima Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan soal tes. Berdasarkan hasil pengamatan observer pada penerapan model pembelajaran Snowball Throwing meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 67,27% dan meningkat pada siklus II 82%. Kemudian hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 40% atau 7 orang siswa yang sudah mencapai KKM dan 60% atau 13 orang siswa yang tidak mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 80% atau 16 siswa yang mencapai KKM. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan kelas V SDN 0509 Janjilobi Lima Kabupaten Padang Lawas.
Kata-kata kunci : Hasil belajar, siswa, model, Snowball Throwing
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.