PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI 101114 AEK BADAK JAE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas V SD Negeri 101114 Aek Badak Jae. Selanjutnya untuk mengetahui apakah model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan IPS di kelas V SD Negeri 101114 Aek Badak Jae. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dilakukan secara bersiklus yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan sehingga total pertemuan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101114 Aek Badak berjumlah siswa 32 orang dengan objek penelitian model Kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran pendidikan IPS kelas V SD Negeri 101114 Aek Badak. Instrumen penelitian antara lain: 1) Lembar observasi, dan 2) Soal Tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan matematika dan statisitka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan, Bahwa pembelajaran Pendidikan IPS menggunakan Model Kooperatif Jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101114 Aek Badak Jae Kabupaten Tapanuli Selatan tahun pelajaran 2021/2022, ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat pada saat proses belajar mengajar juga ketika mengerjakan tes yang diberikan peneliti. Pada studi awal 14 siswa (43,75%) yang tuntas dari 32 siswa. Siklus I ditemukan 11 siswa ( 55% ) yang tuntas dari 20 siswa yang hadir. Siklus II ditemukan 18 siswa ( 90% ) yang tuntas dari 20 siswa yang hadir.
Kata Kunci :Peningkatan hasil belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Pendidikan IPS
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.