PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU

Isi Artikel Utama

Zul Pikar
Asriani Hasibuan
Khoiruddin Saleh Siregar

Abstrak

ABSTRAK


 


                      Tujuan peneliti Tindakan Kelas ini adalah untuk memecahkan masalah penelitian apakah terdapat peningkatan yang relevan antara penggunaan model Snowball Throwing pada subtema indahnya persatuan dan kesatuan di negeriku Kelas IV SDN 200405 Hutaimbaru. Rancangan Penelitian yang di gunakan adalah studi Tentang PTK yang terdiri dari 2 siklus, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang di gunakan adalah tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Subjek peneliti ini adalah siswa SD Negeri 200405 yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan analisis nilai rata-rata PKN Subtema Indahnya persatuan dan kesatuan menggunakan model Snowball Throwing Nilai rata-rata 75 berada dalam kategori “cukup” .sesudah menggunakan model Snowball Throwing nila rata- rata siklus I sebesar 77 dan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 81 berada pada kategori “baik”. Dari perbandingan peningkatan hasil belajar subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan di Negeriku menggunakan model Snowball throwing di Kelas IV SDN 200405 Hutaimbaru pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 91%. hasil penelitian menunjukkan  bahwa penerapan model Snowball Throwing terjadi  Peningkatan Hasil Belajar Subtema Indahnya Persatuan Dan Kesatuan Di Negeriku dalam proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pikar, Zul, Asriani Hasibuan, dan Khoiruddin Saleh Siregar. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 2 (Mei 3, 2021): 47–53. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/70.
Bagian
Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama