PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI TEMA 1 SUB TEMA 3 DI KELAS III SD NEGERI 101350 PURBATUA

Isi Artikel Utama

Heri Hari Yanti Harahap
Samakmur Samakmur
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas III SD Negeri 101350 Purbatua, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Tema 1 Sub Bab 3 di kelas III SD Negeri 101350 Purbatua. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 101350 Purbatua yang terdiri dari 25 orang dimana laki-laki terdiri dari 10 orang dan perempuan 15 orang Tahun Pelajaran 2021-2022. Selanjutnya ditetapkan subjek adalah karena penulis melihat hasil belajar siswa pada materi Tema 1 Sub Bab 3. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil Belajar Siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas III SD Negeri 101350 Purbatua, yang mana dapat dibuktikan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 44%, pada sikllus II adalah persentase sebesar 84%, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 40%.


 


Kata Kunci : Think Pair Share (TPS) dan Hasil Belajar.

 


Abstract


This study aims to find out the real picture of 1) To find out the improvement of student learning outcomes by using the Think Pair Share (TPS) learning model in class III SD Negeri 101350 Purbatua, 2) To find out the application of the Think Pair Share (TPS) learning model to the Theme Material. 1 Sub Chapter 3 in class III SD Negeri 101350 Purbatua. The type of research is Classroom Action Research (CAR), the object of this research is the third grade students of SD Negeri 101350 Purbatua which consists of 25 students in which there are 10 male students and 15 female students in the 2021-2022 academic year. Furthermore, the subject was determined because the author saw student learning outcomes in the material for Theme 1 Sub Chapter 3. The instruments used as a data collection tool were tests, observations and documentation. Student Learning Outcomes through the Think Pair Share (TPS) learning model in class III SD Negeri 101350 Purbatua, which can be proven in the first cycle to get a percentage of 44%, in the second cycle the percentage is 84%, from the first cycle to the second cycle there is an increase by 40%


 
Keywords: Think Pair Share (TPS) and Learning Outcomes.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harahap, Heri Hari Yanti, Samakmur Samakmur, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI TEMA 1 SUB TEMA 3 DI KELAS III SD NEGERI 101350 PURBATUA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 446–459. Diakses November 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1201.
Bagian
Artikel

Referensi

B. Uno Hamzah, 2011. Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka. Cipta.

Fathurrohman, Muhammad, 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta : Ar-ruzz Media.

Hamdani, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rusman, 2011 Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : Rajawali Pers.

Sardiman. 2009. Intraksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta : Kencana.

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>