ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 100619 JANJI MANAON

Isi Artikel Utama

robiyah aldha
Zulfadli Zulfadli
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan di SD Negeri 100619 Janji Manaon.Metode penelitian yang digunakan kuantitaif jenis deskriptif. Seluruh siswa kelas IV berjumlah 25 siswa adalah populasi dan Tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan instrumen angket. Data tersebut dianalisis menggunakan rumus mean, median, dan modus. Kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan di kelas IV SD Negeri 100619 Janji Manaon dengan nilai rata-rata persentase 62% termasuk kategori “Baik”. Ketertarikan pada pembelajaran kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 57  “Cukup” . Sikap terhadap pembelajaran kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 52  “Cukup” . Perhatian terhadap pembelajaran kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 69 “Baik“. Kemampuan menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 63  “Baik” . Usaha untuk belajar kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 70 kategori “Baik” .Artinya terdapat kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan.


 


Kata Kunci :Kesulitan Belajar, Menyelesaikan soal, Kelipatan dan Faktor Bilangan


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
aldha, robiyah, Zulfadli Zulfadli, dan Nurbaiti Nurbaiti. “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 100619 JANJI MANAON”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 309–318. Diakses April 25, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1416.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmadi Abu, Supriyono Widodo.2008.Psikologi Belajar.Jakarta: PT Rinneka Cipta.

Arikunto.2010. Metode Penelitian Suatu pendekatan Praktik.Jakarta : Rinneka Cipta.

Irham, danWiyani. 2017. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Maryani, Ika, dkk. 2018. ModelIntervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.

Muhibbin Syah. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar dan Rusmini.2005.Pengajaran Remedial Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Nimas Multima..

Riyanto. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC

Ruhyana. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis. Vol.10,no 2, Desember 2016. 110.

Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Widoyoko.2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Belajar

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>