ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 100619 JANJI MANAON
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan di SD Negeri 100619 Janji Manaon.Metode penelitian yang digunakan kuantitaif jenis deskriptif. Seluruh siswa kelas IV berjumlah 25 siswa adalah populasi dan Tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan instrumen angket. Data tersebut dianalisis menggunakan rumus mean, median, dan modus. Kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan di kelas IV SD Negeri 100619 Janji Manaon dengan nilai rata-rata persentase 62% termasuk kategori “Baik”. Ketertarikan pada pembelajaran kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 57 “Cukup” . Sikap terhadap pembelajaran kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 52 “Cukup” . Perhatian terhadap pembelajaran kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 69 “Baik“. Kemampuan menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 63 “Baik” . Usaha untuk belajar kelipatan dan faktor bilangan diperoleh nilai rata-rata 70 kategori “Baik” .Artinya terdapat kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal kelipatan dan faktor bilangan.
Kata Kunci :Kesulitan Belajar, Menyelesaikan soal, Kelipatan dan Faktor Bilangan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmadi Abu, Supriyono Widodo.2008.Psikologi Belajar.Jakarta: PT Rinneka Cipta.
Arikunto.2010. Metode Penelitian Suatu pendekatan Praktik.Jakarta : Rinneka Cipta.
Irham, danWiyani. 2017. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Maryani, Ika, dkk. 2018. ModelIntervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.
Muhibbin Syah. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mukhtar dan Rusmini.2005.Pengajaran Remedial Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Nimas Multima..
Riyanto. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC
Ruhyana. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis. Vol.10,no 2, Desember 2016. 110.
Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA
Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Widoyoko.2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Belajar