PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS lV SD NEGERI 03 RAMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran inside ourside circle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Rambang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Pre- Experimental Design) dengan design penelitian one group pretest- posttest contol design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 03 Rambang dengan jumlah peserta didik 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah test dan dokumentasi. Instrumen penelitian sudah melalui uji validitas, uji reliabilitas serta dinyatakan layak untuk penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Paired sample t-test. Hasil Posttest dan pretest menunjukan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA setelah menerapkan model pembelajaran inside outside circle. jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Rambang.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amalia Fitri, D. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan Kementrian Pendidikan.
Amalia, L. .. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Semarang : Cahya Ghani Recovery.
Amriani. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Dalam Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X MIPA. Jurnal Edukasi Saintifik, Vol. 2(2).
Cumayunaro, A. (2019). Menara Ilmu. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmu, 124.
Hakim, A. I. (2021). Penggunaan Media Vidio Pembelajaran Pada Tema 2 tentang Kewajiban, Hak dan Tanggung Jawab Untuk Meningkatkan Hail Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Publikasi Pendidikan, 10 1-6.
Hamalik. (2021). Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Tema 1 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.1(1).
Hariyati, S. &. (2022). Tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah : Penerbit CV Eureka Media Aksara.
Hikmah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Masalah. Jurnal Pendidikan .
Hubbi, U. R. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Kedalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan di Era Milenial. JISIP ( Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan ) 4 (3).
Kastining, N. W. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Classroom Action Research, Vol. 1(2), 84-88.
Ni Nyoman Budiartini, K. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol.1(2), 103-111.
Nur Utami, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Kelas V di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.4(2), 410-423.
Octavia, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : Grup Penerbit CV Budi Utama.
Pipi Amita Sinaga, L. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman Pembelajaran 1 di Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, Vol.1(2), 96-100.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat, 5.0, 290.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.