PENGGUNAAN ICE BREAKING OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI KELAS I UPTD SD NEGERI KRATON 1 BANGKALAN

Isi Artikel Utama

Suwaibatul Aslamiyah
Mohammad Edy Nurtamam

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana cara guru dalam menumbuhkan konsentrasi dan semangat belajar siswa melalui kegiatan ice breaking yang dilaksanakan selama pembelajaran di kelas berlangsung. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang terlihat jenuh saat guru memaparkan materi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara bersama guru kelas 1 di UPTD SD Negeri Kraton 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kegiatan ice breaking yang dilakukan oleh guru kelas 1 UPTD SD Negeri Kraton 1 mendapatkan respon positif dari siswa, yaitu siswa menjadi lebih fokus pada pembelajaran dan siswa berminat untuk memperhatikan penjelasan materi dari guru, sehingga semangat belajar siswa meningkat. Meskipun ice breaking yang diterapkan seringkali menghadapi berbagai kendala, namun adanya perencanaan serta kecakapan guru dalam pengalihan perhatian siswa, menjadikan hal tersebut dapat teratasi dengan baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aslamiyah, Suwaibatul, dan Mohammad Edy Nurtamam. “PENGGUNAAN ICE BREAKING OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI KELAS I UPTD SD NEGERI KRATON 1 BANGKALAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 894–898. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2606.
Bagian
Artikel

Referensi

Arinda, G., & Oktaviana, R. (2024). Metode Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri 14 Pemulutan Desa Simpang Pelabuhan Dalam. MUSYAWARAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 101-107.

Desmidar, Ritonga, M., & Halim, S. (2021). Efektivitas Ice Breaking Dalam Mengurangi Kejenuhan Peserta Didik Mempelajari Bahasa Arab. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 113-128.

Deswanti, I. A., Santoso, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 25.

Devi, D. A., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI dI SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 240-247.

Humaya, R., Bangun, N. O., Dewi, P. A., & Syahrial. (2024). Ice Breaking Sebagai Stimulus Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 10.

Mariyono, D. (2024). Strategi Pembelajaran Dari Teori Ke Praktik Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif Di Perguruan Tinggi. Klaten: Nas Media Pustaka.

Meylen, A., & Fitriani. (2024). Keefektifan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik di UPT SD Negeri 15 Kampai. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 32-33.

Nanda, V. P., Rahman, N. A., Syahrial, & Noviyamti, S. (2022). Implementasi Ice Breaking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa D i SDN 64/I Teratai. As-SABIQUN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 296-310.

Satriani, N. M., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Arias dengan Selingan Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 313-320.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 15.

Siregar, P., Simangunsong, N., & Siregar, P. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN BENDA DISEKITARKU PADA SISWA KELAS III MIS AL-HASANAH KOTA PADANGSIDIMPUAN. NIZHAMIYAH, 99-107.

Sofyan, A., firdausi, R., Faizah, E. N., Lestari, N. S., Mahmudah, I., Anastasha, D. A., . . . M, B. S. (2021). Strategi Pembelajaran DI SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Zuhaery, M., Hidayati, D., & Hidayat, M. (2024). Penerapan Ice Breaking Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Pengalaman Belajar Yang Menyenangkan. Academy of Education Journal, 1412-1417.