ANALISIS TENTANG STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN P5 PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN KRATON 1

Isi Artikel Utama

Zhulfiyah Zhulfiyah
Mohammad Edy Nurtamam

Abstrak

Abstrak


Berdasarkan data dari Kemendikbudristek, hingga tahun 2023, sekitar 143.265 sekolah di Indonesia telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri pada berbagai jenjang pendidikan, dengan angka ini terus bertambah seiring meningkatnya kesadaran akan manfaat pendekatan kurikulum baru ini. Keunggulan utama dari Kurikulum Merdeka terletak pada fleksibilitasnya, di mana pembelajaran berfokus pada penguatan kompetensi dasar seperti literasi, numerasi, dan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, hambatan, dan solusi dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Kraton 1 sebagai bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian mencakup guru kelas, kepala sekolah, dan siswa yang terlibat dalam pelaksanaan P5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru memahami konsep dasar P5, mereka menghadapi berbagai hambatan seperti keterbatasan sumber daya, beban administrasi, dan kurangnya pelatihan intensif. Strategi yang diterapkan mencakup pemanfaatan platform Merdeka Mengajar, forum diskusi internal guru, serta kolaborasi dengan masyarakat dan pihak eksternal. Solusi lainnya adalah alokasi waktu khusus untuk perencanaan proyek dan penguatan evaluasi berbasis rubrik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zhulfiyah, Zhulfiyah, dan Mohammad Edy Nurtamam. “ANALISIS TENTANG STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN P5 PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN KRATON 1”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 494–498. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2741.
Bagian
Artikel

Referensi

Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Projek penguatan profil pelajar pancasila sebagai program kokurikuler: Studi analisis persepsi guru. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 134-142.

Muliyani, N. M., Anta, I. M. N., & Sudarsana, W. (2024). Analisis Strategi Guru Dalam Penerapan P5 Pada Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sd Inpres 3 Talise. JATMIKA: Journal Education and Learning of Elementary School, 2(1), 29-43.

Yuzianah, D., Darmono, P. B., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2023). Penerapan P5 pada kurikulum merdeka pada jenjang SD. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 66-73.

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128.

Suzetasari, M. V., Hidayati, D., & Zakiyah, R. H. (2023). Manajemen Pendidikan Program P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2968-2976.

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini, P. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906-26912.