PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENDORONG KREATIVITAS DAN INOVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN KRATON 1 BANGKALAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Di era globalisasi seperti ini sangat penting bagi guru sekolah dasar untuk mendorong siswa untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Dengan peran ini, siswa memperoleh keterampilan berpikir kritis dan membantu dalam mengembangkan ide baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan peran guru sekolah dasar dalam mendorong siswa untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas IV di SDN Kraton 1 Bangkalan. Dengan menggunakan lembar wawancara dan observasi, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa guru berperan sangat penting dalam mendorong siswa untuk menjadi kreatif dan inovatif saat belajar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anwar, N., Romadhon, T. N., Sandro, A., & Khikmawanto, K. (2023). Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran dalam Mendorong Kreativitas Siswa. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 208-214.
Imamah, N. (2021). Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Biotik dan Abiotik Bagi Siswa . digilib uinkhas, 144.
Irawan, D. (2023). Peran umpan balik guru dalam mendukung kreativitas siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(1), 85-95.
Puspitasari, Q. D., & Wibowo, A. (2021). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1-7.
Rahman, A., & Putri, M. (2020). Pengaruh lingkungan belajar terhadap kreativitas siswa di sekolah menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(3), 50-60.
Yusuf, R., & Aditya, T. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kemandirian berpikir siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12(1), 30-40.