ANALISIS KESULITAN PENERAPAN PROGRAM PEMBIASAAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANGKALAN

Isi Artikel Utama

Salsabila Kurniawati
Mohammad Edy Nurtamam

Abstrak

Literasi adalah kecakapan dasar untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Literasi diintensifkan di sekolah dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dengan tujuan agar siswa mamou menguasai kecakapan literasi. Namun tak dapat dipungkiri bahwa tiap kegiatan selalu memiliki kendala dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dalam penerapan kegiatan pembiasaan literasi di SDN Kraton 1 sehingga dapat ditemukan solusi secara teoretis maupun praktis. Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan hasilnya akan dipaparkan dengan bentuk deskriptif. Sistem triangulasi data menggunakan triangulasi metode, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber. Hasil yang ditemukan peneliti berupa terdapat dua kelompok kendala, yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal berupa siswa yang belum mampu membaca, ketidakmampuan siswa memahami bacaan, dan minat baca siswa yang kurang. Sementara itu kendala eksternal yang ditemukan adalah dukungan dari sekolah dan orang tua yang kurang dalam implementasi kegiatan pembiasaan literasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kurniawati, Salsabila, dan Mohammad Edy Nurtamam. “ANALISIS KESULITAN PENERAPAN PROGRAM PEMBIASAAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANGKALAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 330–337. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2545.
Bagian
Artikel

Referensi

Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., & Setiawan, R. (2014). Indonesian PISA Result: What Fctors and What Should be Fixed? 69–79. http://jurnal.unissula.ac.id/Index.Php/Elic/Article/View/1212

Fikriyah, Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia, 4(1), 94–107. https://jurnal.uns.ac.id/jdc

Hardiyanti, W. M., & Sabardila, A. (2022). Penerapan Jurnal Pembiasaan Literasi Membaca Di Smp Negeri 1 Mojogedang. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(2), 268. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7901

Irma Sari, E., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74–82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847

Isa, A. H., & Napu, Y. (2020). Pendidikan Sepanjang Hayat. In Ideas Publishing (Vol. 2). Ideas Publishing. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/7141/abdul-hamid-isa-pendidikan-sepanjang-hayat.html

Julita, L. (2022). GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Analisis Gerakan Literasi Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 2022. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Khansa Nabila, Putri Enjelita S, Rina Wulan I.S.N, & Tarisya Putri S.P. (2024). Problematika Penerapan Literasi Di Sekolah Dasar Negeri 067980 Medan Denai. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 59–65. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3014

Muammar. (2017). Membaca Permulaan Sekolah Dasar. In Hilmiati (Ed.), Sanabali Creative. Sanabil. https://repository.uinmataram.ac.id/406/1/Buku_Membaca_Permulaan_di_Sekolah_Dasar.pdf

Panjaitan, R. A. (2023). Analisis Kendala Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di SD Negeri 74 Palembang [Universitas Sriwijaya]. https://repository.unsri.ac.id/138327/2/RAMA_86206_06131282025054_0013098902_01_front_ref.pdf

Pernando, E. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis bagi Anak di Desa Kota Padang Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. IAIN BENGKULU. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3737/

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Purwanti, Setiyadi, D., & Irawati, L. (2021). Problematika Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Masa Pandemi. Sastra Indonesia, 75(2), 2714–9862. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika10.32585/klitika.v3i2.1596

Saputra, A., Rusmiatiningsih, & Bety. (2020). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di SD Negeri 13 Rambang Niru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kreativitas, 2(2), 27. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/creativity/article/download/10058/4150

Setiani, E., Hendracipta, N., & Rokmanah, S. (2023). Urgensi Penerapan Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar, Kaitannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(5), 1197–1213. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2044

Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. 4(2), 160–171. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.7799